Erdogan Bertekad Lindungi Palestina dari Pencaplokan Israel

    Willy Haryono - 26 Mei 2020 06:51 WIB
    Erdogan Bertekad Lindungi Palestina dari Pencaplokan Israel
    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)
    Ankara: Presiden Recep Tayyip Erdogan menekankan kembali dukungan Turki kepada masyarakat Palestina dalam pesan Hari Raya Idulfitri yang disampaikan di media sosial. Erdogan menegaskan bahwa Turki "tidak akan membiarkan tanah Palestina ditawarkan kepada siapapun."

    "Saya ingin menekankan bahwa Al Quds Al-Sharif, tempat suci untuk tiga agama, merupakan garis merah bagi semua Muslim di dunia," ungkapnya, dilansir dari Ynet, Senin 25 Mei 2020.

    Menurut Erdogan, Turki adalah "satu-satunya suara" yang membela Palestina saat ini. Ia menegaskan bahwa Turki tidak akan membiarkan Israel mencaplok sebagian area Tepi Barat yang dijadwalkan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan.

    Rencana menganeksasi 30 persen Area C di Tepi Barat dapat dimulai pada 1 Juli. Aneksasi dapat terwujud lewat kesepakatan internal koalisi Israel yang disetujui Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan PM Alternatif Benny Gantz.

    Sebelumnya, juru bicara Kepresidenan Turki Ibrahim Kalin meminta komunitas internasional untuk mengambil sikap menentang dalam menetang rencana pencaplokan oleh Israel.
     
    "Kami menolak rencana Israel untuk mencaplok Tepi Barat dan menyerukan agar dunia mengambil sikap menentangnya. Pendudukan dan pencaplokan adalah kejahatan," kata Ibrahim Kalin di Twitter.

    Kalin mengatakan Turki akan mendukung semua langkah yang harus diambil untuk melawan pendudukan dan pencaplokan tanah Palestina.

    Selain soal Palestina dan Israel, Erdogan juga menyinggung mengenai isu pandemi virus korona (covid-19) dalam pidatonya.

    "Semoga saudara-saudara kita yang kehilangan nyawa mendapat ampunan dari Allag SWT, dan mereka yang sedang sakitn segera disembuhkan," sebut Erdogan.

    Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Selasa 26 Mei 2020, total kasus covid-19 di Turki berada di angka 157.814 dengan 4.369 kematian dan 120.015 pasien sembuh.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id