Pemerintah Tegaskan akan Terus Lindungi Pelajar RI di AS

    Marcheilla Ariesta - 10 Juli 2020 18:29 WIB
    Pemerintah Tegaskan akan Terus Lindungi Pelajar RI di AS
    Pelajar asing dilarang tinggal di AS selama belajar online. Foto: AFP.
    Jakarta: Amerika Serikat menerapkan kebijakan baru untuk mahasiswa asing harus meninggalkan negara itu jika mengikuti seluruh kelas secara daring. Kebijakan ini membuat pelajar Indonesia di AS kebingungan.

    Terkait hal tersebut, perwakilan Indonesia di AS berupaya melindungi para pelajar yang tengah menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam itu.

    Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan sebanyak enam perwakilan RI di AS telah melakukan koordinasi dengan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias).

    "Pertemuan diadakan 9 Juli yang intinya perwakilan kita akan memberikan langkah perlindungan termasuk bertukar pandangan mengenai upaya perlindungan ke depannya," kata Judha dalam jumpa pers virtual, Jumat, 10 Juli 2020.

    Judha menambahkan perwakilan RI di AS juga telah berkoordinasi dengan mendesak sejumlah kampus di AS untuk mengadakan kuliah yang bersifat tatap muka (in person class), maupun yang bersifat campuran antara kuliah daring dan tatap muka (hybrid).

    "Perwakilan sudah berkoordinasi dengan berbagai macam kampus untuk meminta tanggapan dari pihak kampus mengenai kebijakan Amerika Serikat," imbuhnya.

    Pada awal pekan ini, pemerintah AS menerapkan kebijakan baru yang intinya pelajar asing tidak bisa mengambil kuliah online secara penuh. Pelajar asing harus memiliki kelas tatap muka atau kelas campuran agar bisa tetap berada di AS.

    Jika mahasiswa asing tidak dapat mengikuti kegiatan tatap muka atau kelas hybrid, maka konsekuensinya akan ada tindakan keimigrasian termasuk diminta untuk meninggalkan Amerika Serikat.


    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id