Studi Terbaru Sebut Vaksin Pfizer Mampu Atasi Covid-19 Varian Brasil

    Wahyu Dwi Anggoro - 09 Maret 2021 17:04 WIB
    Studi Terbaru Sebut Vaksin Pfizer Mampu Atasi Covid-19 Varian Brasil
    Vaksin Pfizer-BioNTech efektif atasi covid-19 varian Brasil. Foto: AFP



    Texas: Peneliti mengungkapkan, vaksin virus korona dari Pfizer-BioNTech mampu menetralkan virus korona varian Brasil. Para peneliti mengatakan darah yang diambil dari orang yang diinokulasi menunjukkan suntikan efektif melawan mutasi seperti terhadap varian Inggris.

    Vaksin Pfizer-BioNTech mampu mengalahkan jenis baru virus korona yang menyebar dengan cepat ke seluruh Brasil, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine pada Senin.






    Ketika negara-negara di seluruh dunia terus memvaksinasi warganya, kekhawatiran meningkat bahwa lebih banyak varian yang dapat ditularkan mungkin memiliki ketahanan yang lebih besar terhadap vaksin yang ada.

    “Para peneliti menemukan bahwa darah yang diambil dari orang-orang yang telah divaksinasi penuh mampu menetralkan versi rekayasa dari jenis virus yang pertama kali diidentifikasi di Brasil,” sebut penelitian itu, seperti dikutip Times of Israel, Senin 9 Maret 2021.

    “Sampel darah melawan lonjakan protein yang digunakan virus untuk menempel dan menginfeksi sel, yang ditargetkan oleh vaksin dan obat antibodi saat ini,” tegas penelitian itu.

    Studi tersebut dilakukan oleh Pfizer-BioNTech dan peneliti dari University of Texas Medical Branch.

    Mereka menulis bahwa vaksin itu kira-kira sama efektifnya terhadap strain Brasil seperti terhadap mutasi lain yang berasal dari Inggris dan sekarang merupakan jenis yang paling umum di Israel, dan "kuat tetapi lebih rendah" dalam menangani varian Afrika Selatan.

    Pfizer mengatakan, pada Februari akan menguji versi baru vaksinnya yang bertujuan melawan varian Afrika Selatan, serta keefektifan dosis ketiga terhadap mutasi lainnya.

    Pekan lalu, delegasi senior pejabat pemerintah Brasil tiba di Israel untuk serangkaian pertemuan dengan rekan-rekan Israel tentang upaya untuk mengatasi pandemi covid-19. Ini termasuk semprotan hidung yang dikembangkan Israel untuk pasien yang oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu digambarkan sebagai pengobatan ‘ajaib’.

    Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan, bulan lalu bahwa pemerintahnya akan meminta izin penggunaan darurat untuk semprotan hidung yang dikembangkan Israel.

    Pada Senin, Israel memberikan vaksin Pfizer-BioNTech yang kelima juta sebagai bagian dari upaya imunisasi nasional yang bertujuan untuk menginokulasi seluruh lebih dari 16 populasi pada akhir April.

    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id