comscore

30.000 Orang Berpartisipasi dalam Pawai LGBT di London Inggris

Willy Haryono - 03 Juli 2022 11:03 WIB
30.000 Orang Berpartisipasi dalam Pawai LGBT di London Inggris
Puluhan ribu orang mengikuti acara pawai Pride LGBT di London, Inggris, 2 Juli 2022. (Niklas HALLE'N / AFP)
London: Lebih dari 30.000 orang dan sekitar 600 grup berpartisipasi dalam acara pawai kelompok Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) di London, Inggris pada Sabtu, 2 Juli 2022. Pawai ini digelar dalam rangka memperingati 50 tahun parade Pride.

Prosesi selama tiga jam itu dilakukan di rute parade Pride pertama di tahun 1972. Para partisipan menari, menyanyi dan mengibarkan bendera berwarna pelangi yang terasoiasi dengan LGBT.
Dari puluhan ribu peserta, terdapat satu kontingen asal Ukraina yang mengkritik gerakan menentang LGBT di Rusia.

Parade Pride di London tahun ini merupakan kali pertama digelar sejak pandemi Covid-19. Mereka yang ikut serta didesak melakukan tes Covid-19 karena meningkatnya angka kasus di seantero Inggris.

Dikutip dari DW, agensi Keamanan Kesehatan Inggris juga mengeluarkan peringatan bagi orang yang memperlihatkan gejala-gejala cacar monyet. Penyakit tersebut, yang kini muncul di 53 negara, sebagian besarnya diidap pria yang berhubungan seks sesama jenis.

Chris Joell-Deshields, pemimpin parade Pride di London, mengatakan bahwa hak dan kebebasan LGBT telah diraih sejak 1972, namun "masih banyak yang harus kami lakukan."

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyebut peringatan 50 tahun parade Pride ini sebagai sebuah "tonggak sejarah." Sementara Wali Kota London Sadiq Khan mengatakan kepada awak media bahwa pawai Pride ini merupakan selebrasi bagi komunitas, persatuan dan kemajuan.

Khan menyinggung mengenai serangan di Oslo yang terjadi menjelang parade Pride, yang telah menewaskan dua orang dan melukai lebih dari 20 lainnya.

"Kita harus menyadari fakta bahwa komunitas (LGBT) masih terancam terkena diskriminasi, bias dan kekerasan," sebut Khan.

Parade Pride di London dilanjutkan dengan sebuah konser di Lapangan Trafalgar pada Sabtu malam.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id