comscore

Gempa Magnitudo 6,3 Melanda Alaska, Tidak Ada Peringatan Tsunami

Willy Haryono - 22 Januari 2022 16:26 WIB
Gempa Magnitudo 6,3 Melanda Alaska, Tidak Ada Peringatan Tsunami
ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)
Alaska: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,3 mengguncang lepas pantai negara bagian Alaska, Amerika Serikat pada Jumat malam. Menurut laporan Badan Survei Geologi AS atau USGS, gempa terjadi di dekat sebuah pelabuhan perikanan utama di Alaska.

Dikutip dari Sputnik, Sabtu, 22 Januari 2022, USGS mencatat gempa terbaru ini terjadi sekitar pukul 20.17 waktu AS. Episentrum gempa berlokasi sekitar 74 kilometer dari kota Unalaska dengan kedalaman 3 km.
Sejauh ini tidak ada peringatan gelombang tsunami dari gempa di lepas pantai Alaska. USGS juga tidak mencatat adanya korban tewas atau luka maupun kerusakan bangunan.

Juli tahun lalu, gempa berkekuatan magnitudo 8,2 mengguncang lepas pantai Alaska. Menurut USGS, gempa itu memicu peringatan tsunami. "(Episentrum) gempa yang sangat kuat berlokasi sekitar 91 kilometer timur tenggara Perryville, Alaska," ujar USGS kala itu.

Saat gempa terjadi, sejumlah orang di Alaska -- termasuk para warga negara Indonesia (WNI) -- diminta untuk evakuasi ke daratan lebih tinggi. Menurut data Kementerian Luar Negeri, kala itu terdapat 61 WNI di Alaska, yang sebagian besarnya tinggal di Anchorage.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional Amerika Serikat (NTWC) sudah mencabut peringatan tsunami. Tidak ada laporan mengenai korban terluka atau kerusakan properti. Beberapa warga di pesisir Alaska dievakuasi setelah gempa.

Baca:  Usai Gempa, WNI di Alaska Sempat Diminta Evakuasi ke Dataran Tinggi

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id