Populer Internasional: 450 Warga Norwegia Tertular Covid-19 Meski Sudah Divaksin

    Fajar Nugraha - 07 Juli 2021 07:13 WIB
    Populer Internasional: 450 Warga Norwegia Tertular Covid-19 Meski Sudah Divaksin
    Seorang tenaga kesehatan mempersiapkan vaksin Covid-19 di Drammen, Norwegia, 21 Januari 2021. (Ole Berg-Rusten / NTB / AFP)



    Oslo: Sebanyak 450 warga Norwegia yang sudah menjalani vaksinasi covid-19, dinyatakan positif tertular virus korona. Hal ini tentu mengejutkan.

    Kabar itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom bersama dengan beberapa berita lainnya. Isu lain yang menarik perhatian antara lain Indonesia dan Rusia perkuat kerja sama kesehatan dan prioritaskan pengadaan vaksin.

     



    Kemudian berita lain yang menarik adalah militer Filipina dengarkan rekaman kotak hitam pesawat Angkatan Udara yang jatuh.

    Ingin mengikuti selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom, bisa dilihat di sini:

    1. Sudah Divaksinasi Penuh, 450 Warga Norwegia Tetap Terinfeksi Covid-19
    Total 450 warga Norwegia yang sudah menjalani vaksinasi secara penuh dinyatakan positif covid-19. Menurut catatan Institut Kesehatan Publik Nasional (FHI), angka tersebut berkisar 0,03 persen dari total warga Norwegia yang sudah divaksinasi penuh.
     
    "Insiden terjadinya infeksi (Covid-19) di kalangan warga yang sudah divaksinasi penuh sangatlah rendah," kata kepala dokter FHI Sara Viksmoen Watle kepada kantor berita NRK.
     
    Ia dan Asisten Direktur Kesehatan Norwegia Espen Rostrup Nakstad menekankan bahwa vaksin apapun yang beredar saat ini tidak memberikan perlindungan 100 persen terhadap infeksi covid-19.

    Dari 450 warga yang didiagnosis positif covid-19, 26 di antaranya harus dirawat di rumah sakit. Dari 26 orang itu, 21 masuk kategori grup berisiko tinggi terhadap gejala sedang hingga berat covid-19.

    Mengapa 450 warga itu masih bisa terinfeksi covid-19? Simak di tautan ini.
     

    2. Indonesia-Rusia Perkuat Kerja Sama Kesehatan, Prioritaskan Pengadaan Vaksin

    Pengadaan vaksin Covid-19 menjadi salah satu prioritas kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Rusia. Sejak awal pandemi Covid-19 di akhir 2019, kedua negara saling membantu dan terus mendorong pengadaan vaksin yang dinilai kunci untuk mengakhiri krisis terkini.
     
    Kerja sama erat kedua negara ini didiskusikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Rusia Sergey Lavrov di gedung Kemenlu RI di Jakarta pada Selasa ini, 6 Juli 2021.
     
    Kedua menlu membicarakan cara-cara meningkatkan kerja sama, baik dalam kerangka jangka pendek maupun panjang.

    Seperti apa penguatan kerja sama Indonesia dan Rusia? Selanjutnya di sini.


    3. Militer Filipina Dengarkan Rekaman Kotak Hitam Pesawat AU yang Jatuh
    Pihak berwenang Filipina telah menemukan kotak hitam dari pesawat Angkatan Udara yang jatuh akhir pekan lalu. Kecelakaan tersebut menewaskan lebih dari 50 orang.
     
    Panglima Militer Filipina Cirilito Sobejana menuturkan, kotak hitam atau dikenal juga dengan blackbox telah diambil pada Senin kemarin, dan tim penyelidik tengah mendengarkan rekaman percakapan antara pilot dan kru, sesaat sebelum pesawat jatuh.

    Sobejana menuturkan, tidak ada kru yang melompat dari pesawat sebelum jatuh. Padahal laporan sebelumnya dari beberapa saksi mata, sejumlah penumpang mencoba melompat ke tempat aman sebelum pesawat menghantam tanah.

    Apa penyebab dari kecelakaan pesawat itu? Simak di sini.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id