Badai Tropis Cristobal Tiba di Pesisir Louisiana

    Willy Haryono - 08 Juni 2020 07:23 WIB
    Badai Tropis Cristobal Tiba di Pesisir Louisiana
    Badai Tropis Cristobal membawa hujan deras yang menyebabkan jalanan di French Quarter, New Orleans, AS, Minggu 7 Juni 2020, tergenang banjir. (Foto: Sean Gardner/Getty/AFP)
    Louisiana: Badai Tropis Cristobal tiba di pesisir Louisiana dengan membawa hujan deras dan juga angin berkecepatan 80 kilometer per jam pada Minggu 7 Juni 2020 petang waktu setempat. Kedatangan Cristobal juga memicu terbentuknya sebuah tornado yang menumbangkan pepohonan dan tiang listrik.

    Dikutip dari LBC News, Cristobal bergerak di area pesisir di antara mulut Sungai Mississippi dan pulau resor Grand Isle. Warga setempat telah dievakuasi satu hari sebelumnya.

    Warga di sekitar danau Pontchartrain dan Borgne juga diminta untuk segera mengungsi. Sejumlah pakar memprediksi Cristobal dapat berdampak luas di area dengan radius hingga 289 kilometer.

    Senator John Kennedy mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah sepakat untuk mengeluarkan deklarasi status darurat untuk Louisiana seiring mendekatnya Cristobal. Kamis kemarin, Gubernur John Bel Edwards telah mendeklarasikan status darurat.

    Di Florida, sebuah tornado tiba di wilayah selatan Lake City di dekat ruas jalan Interstate 75. Ini merupakan tornado kedua dalam dua hari terakhir seiring mendekatnya Cristobal.

    Sejauh ini tidak ada laporan korban meninggal maupun luka akibat dua tornado.

    Hujan deras juga turun di wilayah French Quarter, New Orleans. Namun area tersebut relatif kosong, karena banyak tempat usaha yang ditutup karena adanya virus korona (covid-19).

    Pusat Badai Nasional AS (NHC) mengatakan sebagian wilayah Louisiana dan Mississippi terancam diguyur hujan dengan intensitas tinggi, dengan potensi munculnya gelombang setinggi 1,5 meter.

    "Ini adalah curah hujan yang sangat efisien dan tropis," kata Direktur NHC Ken Graham dalam sebuah video di Facebook.

    Otoritas New Orleans mengatakan, sistem drainase kota memiliki batasan tertentu, sehingga warga diimbau menghindari jalan underpass dan dataran rendah untuk menghindari banjir.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id