DK PBB Dorong Dialog Damai antara Afghanistan dan Taliban

    Willy Haryono - 01 Juli 2020 09:52 WIB
    DK PBB Dorong Dialog Damai antara Afghanistan dan Taliban
    Salah satu sesi di Dewan Keamanan PBB di New York, AS. (Foto: AFP)
    New York: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mendorong Pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban untuk segera memulai negosiasi damai. Dialog antar kedua kubu diperlukan usai Amerika Serikat dan Taliban menyepakati perjanjian damai di Afghanistan pada Februari lalu.

    Dalam sebuah pernyataan pers pada Selasa 30 Juni, DK PBB mengapresiasi upaya Afghanistan dan Taliban untuk memulai negosiasi. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kesediaan kedua kubu untuk saling bertukar tahanan.

    "Afghanistan dan Taliban diharapkan dapat mempercepat pembebasan tahanan tersisa dalam beberapa hari ke depan," ujar pernyataan tertulis DK PBB, dilansir dari laman Xinhua, Rabu 1 Juli 2020.

    Selain itu, kedua kubu juga diminta untuk berusaha mengurangi aksi kekerasan agar dialog inter-Afghanistan dapat segera terwujud.

    Selain mengenai pertukaran tahanan, DK PBB juga mengapresiasi tercapainya perjanjian politik antara Presiden Ashraf Ghani dengan rivalnya, Abdullah Abdullah. DK PBB berharap berakhirnya ketegangan politik antar kedua tokoh tersebut dapat berkontribusi pada terwujudnya dialog damai.

    DK PBB mengekspresikan kekhawatiran mengenai meningkatnya aksi kekerasan di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir. DK PBB menekankan bahwa segala jenis serangan yang mengenai warga sipil, relawan kemanusiaan, atau tenaga medis merupakan hal yang tak dapat diterima dan pelakunya harus diseret ke hadapan hukum.

    Masih mengenai aksi kekerasan, DK PBB mengaku khawatir terhadap kehadiran Islamic State (ISIS) dan grup teroris lainnya di Aghanistan. Selain itu, DK PBB juga mengungkapkan kekhawatiran mereka mengenai meningkatnya produksi serta peredaran narkotika di seantero negara tersebut.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id