Brasil Ajukan Proposal Status Darurat Virus Korona

    Arpan Rahman - 18 Maret 2020 16:39 WIB
    Brasil Ajukan Proposal Status Darurat Virus Korona
    Presiden Brasil Jair Bolsonaro (tengah) dalam sebuah acara di Brasilia. (Foto: AFP)
    Brasilia: Brasil mewacanakan status darurat nasional dalam menangani penyebaran virus korona (covid-19). Lewat status darurat, Pemerintah Brasil dapat menghapuskan target-target fiskal tahun ini serta membebaskan anggaran negara untuk memerangi covid-19.

    Dalam pernyataan resmi, pemerintahan Brasil di bawah Presiden Jair Bolsonaro berencana meminta Kongres untuk menyepakati darurat nasional covid-19 di seantero negeri hingga 31 Desember. Pernyataan disampaikan Bolsonaro saat Brasil mengonfirmasi kematian pertama dari covid-19. 

    Jika disepakati Kongres, maka Brasil akan menjadi satu dari sejumlah negara lain yang mendeklarasikan status darurat untuk menggelontorkan banyak dana ke sektor kesehatan dan ekonomi.

    "Mempertimbangkan pandemi covid-19 saat ini, dan juga demi melindungi kesehatan serta perekonomian warga Brasil, maka Pemerintah Federal akan meminta Kongres Nasional untuk mengakui status darurat," ujar Bolsonaro, seperti dikutip dari Express, Rabu 18 Maret 2020.

    Meski nantinya berlaku status darurat, pemerintahan Bolsonaro bertekad akan tetap menjaga target-target fiskal di Brasil tahun ini.

    Sementara itu, usai mengumumkan rencana status darurat, Bolsonaro merilis hasil tes keduanya. Seperti yang pertama, Bolsonaro tetap dinyatakan negatif mengidap covid-19.

    "Saya menginformasikan kepada kalian semua, bahwa hasil tes kedua saya untuk covid-19 adalah negatif," tulis Bolsonaro di Twitter. "Selamat malam semua," pungkasnya.

    Data terbaru Universitas Johns Hopkins mencatat total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 198 ribu, dengan 321 di antaranya berada di Brasil dengan satu kematian dan pasien sembuh.

    Kematian pertama di Brasil ini merupakan pukulan bagi Bolsonaro, yang sejak awal cenderung kurang serius dalam menghadapi ancaman covid-19.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id