Macron Sebut Intervensi Turki di Libya 'Berbahaya'

    Willy Haryono - 23 Juni 2020 08:35 WIB
    Macron Sebut Intervensi Turki di Libya 'Berbahaya'
    Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)
    Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron mengecam keras intervensi militer Turki dalam konflik Libya. Menurut Macron, saat ini Turki sedang memainkan "permainan yang berbahaya."

    Turki mengintervensi konflik Libya dalam beberapa pekan terakhir. Ankara memberikan dukungan udara, senjata, dan milisi dari Suriah untuk membantu pasukan Pemerintah Perjanjian Nasional (GNA) di Tripoli.

    Berkat bantuan Turki, GNA berhasil menghalau serangan Pasukan Nasional Libya (LNA) yang dipimpin Khalifa Haftar.

    "Saya sudah mengatakan dengan sangat jelas kepada Presiden (Recep Tayyip) Erdogan. Saya menilai Turki sedang memainkan permainan yang sangat berbahaya di Libya saat ini," ujar Macron, dilansir dari France24, Senin 22 Juni 2020.

    "Kami tidak akan memberikan toleransi atas peran yang dimainkan Turki di Libya," sambungnya.

    Paris telah dituding membantu Haftar secara politik, karena sebelumnya pernah memberikan dukungan militer untuk memerangi sejumlah militan. Prancis membantah telah mendukung Haftar.

    Macron, yang pernah berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenai konflik Libya, sempat mengecam peran tentara bayaran Rusia di Libya. Namun ia lebih fokus dalam mengecam peran Turki di Libya.

    Saat ditanya mengenai Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi yang mengancam akan melakukan intervensi di Libya, Macron menilai Sisi memiliki alasan tersendiri.

    "Presiden Sisi memiliki kekhawatiran yang beralasan saat melihat banyaknya pasukan di dekat perbatasan (Mesir)," sebut Macron.

    Sabtu kemarin, Sisi mengancam akan mengerahkan kekuatan militer ke Libya jika memang diperlukan. Ia menyebut operasi semacam itu bertujuan untuk melindungi perbatasan Mesir dan memediasi konflik di Libya.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id