AS Kembalikan Rp4,6 Miliar Uang Skandal 1MDB

    Arpan Rahman, Marcheilla Ariesta - 15 April 2020 20:06 WIB
    AS Kembalikan Rp4,6 Miliar Uang Skandal 1MDB
    AS pulangkan dana 1MDB ke Malaysia. (Foto: The Star).
    Washington: Kementerian Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa pihaknya telah mengirim dana sebesar USD300 juta (sekitar Rp4,6 miliar) yang dicuri dalam skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Pengembalian diberikan langsung kepada Pemerintah Malaysia melalui sistem keuangan global.

    "Pemulangan dana curian kepada warga Malaysia adalah hasil dari upaya tak kenal lelah jaksa dan agen federal untuk mencegah kleptokrat asing dan rekan mereka dalam menggunakan Amerika Serikat sebagai taman bermain untuk menikmati buah dari kekayaan yang mereka curi,” ujar Jaksa AS Nick Hanna dilansir dari The Star, Rabu 15 April 2020.

    Tahun lalu, Kementerian Kehakiman AS telah memulihkan aset sebesar USD1 miliar terkait skandal 1MDB. Beberapa dari dana terus dikembalikan AS ke Malaysia.

    Awalnya, dana ini dijadwalkan akan dikembalikan pada Februari lalu, namun ditunda karena masalah teknis dan juga adanya pergolakan politik di Kuala Lumpur.

    Dengan pemulangan dana tersebut, AS telah membantu Malaysia mengembalikan lebih dari USD600 juta.

    "Pemulangan dana tersebut mencerminkan komitmen AS terhadap Malaysia untuk memburu, menyita, dan mengembalikan aset yang diperoleh dari korupsi 1MDB," ucap Asisten Jaksa Agung Brian A. Benczkowski.

    Mantan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak mendirikan 1MDB pada 2009. Kementerian Kehakiman Malaysia menduga dana berkisar USD4,5 miliar telah disedot Najib dari uang negara pada periode 2009-2014.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id