Diminta Tidak Berkerumun, Warga Tetap Datang ke Istana Buckingham

    Willy Haryono - 10 April 2021 16:03 WIB
    Diminta Tidak Berkerumun, Warga Tetap Datang ke Istana Buckingham
    Warga Inggris berkumpul di area sekitar Istana Buckingham di London pada 9 April 2021. (Tolga Akmen / AFP)



    London: Memasuki hari kedua usai wafatnya Pangeran Philip, warga Inggris beramai-ramai mendatangi area depan Istana Buckingham untuk memberikan tribut dan penghormatan terakhir mereka. Masyarakat tetap berdatangan meski pihak kerajaan dan pemerintah Inggris telah mengimbau publik untuk tidak membuat kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

    Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, wafat di usia 99 tahun pada Jumat, 9 April.






    Dilansir dari laman BBC pada Sabtu, 10 April 2021, terdapat setidaknya 15 karangan bunga yang diletakkan di depan gerbang Istana Buckingham hari ini.

    Jumat kemarin, belasan hingga puluhan karangan bunga yang disimpan di dekat pagar sudah dimasukkan ke dalam Istana Buckingham pada malam hari.

    Sejumlah pesan belasungkawa dan tribut juga diikat warga ke pagar Istana Buckingham dan Istana Windsor. Dalam hitungan jam, pesan-pesan tersebut disingkirkan petugas istana.

    Lautan bunga terlihat di luar pagar Istana Buckingham dan Istana Windsor sepanjang Jumat kemarin. Meski mengapresiasi gestur publik, juru bicara kerajaan menyarankan masyarakat untuk berdonasi ke lembaga amal jika ingin menyampaikan tribut untuk Pangeran Philip.

    Pernyataan kerajaan juga diperkuat jajaran menteri, yang mengatakan bahwa "tribut bunga sebaiknya tidak diletakkan di area kerajaan di masa (pandemi) seperti saat ini."
     
    "Meski ini adalah masa sulit bagi banyak orang, kami meminta publik untuk tidak berkerumun di area-area kerajaan dan melanjutkan mengikuti protokol kesehatan, terutama mengenai menghindari berkumpul dalam jumlah besar dan meminimalisasi perjalanan," ucap jubir Kantor Kabinet Inggris.
     
    "Kami mendukung keluarga kerajaan yang meminta agar tribut bunga sebaiknya tidak diletakkan di masa seperti saat ini," sambungnya.

    Baca:  Tribut untuk Pangeran Philip, Lonceng Westminster Abbey Berbunyi 99 Kali

    Sejauh ini kerajaan Inggris belum mengumumkan tanggal pemakaman Pangeran Philip. Bendera nasional dan serikat akan dikibarkan setengah tiang di semua gedung pemerintah usai pemakaman.
     
    Menurut laporan koresponden BBC, Ratu Inggris Elizabeth II tengah mempertimbangkan beberapa perubahan seputar rencana pemakaman sang suami terkait panduan dan rekomendasi ahli seputar pandemi Covid-19.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id