Pria Bersenjata Ditangkap saat Hendak Masuk ke Area Pelantikan Biden

    Willy Haryono - 17 Januari 2021 08:14 WIB
    Pria Bersenjata Ditangkap saat Hendak Masuk ke Area Pelantikan Biden
    Seorang personel Garda Nasional bersiaga di Washington DC menjelang pelantikan Joe Biden pada 20 Januari 2021. (Liz Lynch/Getty/AFP)
    Washington: Seorang pria yang membawa banyak senjata api ditangkap di sebuah titik keamanan dekat Washington DC, saat hendak memasuki area pelantikan presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. Ia berusaha masuk dengan memperlihatkan surat izin palsu kepada petugas.

    Wesley Allen Beeler, pria asal Virginia, mengemudikan sebuah truk ke pos pemeriksaan dekat Washington pada Jumat malam. Ia kemudian memperlihatkan surat izin acara pelantikan Biden, yang ternyata diketahui sebagai dokumen palsu.

    Polisi melihat adanya tulisan "Assault Life" dengan gambar senapan di bagian belakang truk Beeler. Terdapat satu tulisan lagi, yakni "jika mereka mengambil senjata Anda, maka tembakkan peluru terlebih dahulu."

    Saat diinterogasi, Beeler mengatakan kepada petugas bahwa dirinya memiliki sebuah pistol tipe Glock di dalam kendaraan. Penggeledahan lebih lanjut berujung pada temuan sebuah senjata aktif, lebih dari 500 amunisi, peluru shotgun, dan lainnya.

    Dilansir dari laman AFP pada Minggu, 17 Januari 2021, Beeler ditangkap atas dakwaan kepemilikan senjata api tak terdaftar dan kepemilikan amunisi secara ilegal.

    Penangkapan dilakukan saat 50 negara bagian dan Washington DC telah bersiaga menghadapi kemungkinan terjadinya aksi protes bersenjata oleh massa pendukung petahana Donald Trump.

    Biro Investigasi Federal (FBI) telah memperingatkan mengenai kemungkinan adanya massa pendukung petahana Donald Trump di semua 50 negara bagian. Garda Nasional sudah disiagakan di Washington DC demi mencegah terulangnya aksi kekerasan seperti yang dilakukan massa pendukung Trump di Gedung Capitol pada 6 Januari lalu.

    Tim Biden sudah meminta warga AS untuk tidak datang ke acara pelantikan pada 20 Januari mendatang karena pandemi virus korona (covid-19). Otoritas sejumlah negara bagian telah mengimbau warga untuk menonton acara pelantikan dari rumah masing-masing.

    Trump, yang sudah dimakzulkan dua kali oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS atas kerusuhan di Gedung Capitol, tidak akan datang ke acara pelantikan. Ia dikabarkan hendak bertolak menuju resor miliknya di Florida pada Rabu pagi di hari pelantikan Biden.

    Sementara Wakil Presiden Mike Pence dijadwalkan hadir ke acara pelantikan bersama istrinya, Karen. Beberapa mantan presiden AS juga akan hadir dalam pelantikan Biden.

    Baca:  Trump akan Bertolak ke Resor Florida di Hari Pelantikan Biden

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id