Vaksinasi Massal Covid-19 di Inggris Dimulai Selasa Depan

    Willy Haryono - 06 Desember 2020 08:37 WIB
    Vaksinasi Massal Covid-19 di Inggris Dimulai Selasa Depan
    Ilustrasi vaksin eksperimental covid-19. (AFP)
    London: Vaksinasi massal virus korona (covid-19) di Inggris dimulai Selasa depan. Vaksin yang akan digunakan adalah buatan perusahaan Pfizer dan BioNTech -- terbukti memiliki tingkat efektivitas hingga 95 persen.

    Inggris merupakan negara pertama yang mengeluarkan izin penggunaan vaksin Pfizer.

    "Pekan mendatang akan menjadi momen bersejarah karena kami akan memulai vaksinasi terhadap covid-19," kata Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock, dilansir dari laman Business Insider pada Minggu, 6 Desember 2020.

    "Kami memprioritaskan kelompok rentan dan yang berusia di atas 80 tahun, staf panti jompol, dan kolega NHS," sambungnya, merujuk pada Layanan Kesehatan Nasional Inggris.

    NHS mengatakan, gelombang pertama injeksi vaksin Pfizer akan dilakukan di 50 rumah sakit. "Warga berusia 80 tahun ke atas dan juga pekerja panti jompo akan menjadi yang pertama menerima vaksin, bersama dengan pekerja NHS yang juga masuk kelompok berisiko tinggi," sebut NHS.

    Baca:  Uni Eropa Kritik Keputusan Inggris Setujui Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer

    Warga berusia 80 tahun akan mendapat vaksin, baik mereka yang sedang dirawat di rumah sakit maupun yang sudah dipersilakan pulang. Sejumlah rumah sakit di Inggris juga akan mulai mengundang warga berusia di atas 80 tahun untuk datang dan menerima vaksinasi.

    "Setiap jatah bagi kelompok (80 tahun) yang tidak terpakai, akan digunakan oleh pekerja kesehatan yang berisiko tinggi tertular covid-19," tutur NHS.

    Usai menerima vaksinasi pertama, tiap-tiap orang diwajibkan menerima dosis kedua pada 21 hari setelahnya. NHS mengatakan pasokan vaksin Pfizer harus sudah ada di sejumlah rumah sakit pada Senin besok untuk mempersiapkan program vaksinasi satu hari setelahnya.

    Selama ini NHS memiliki rekam jejak yang baik dalam program vaksinasi berskala besar. NHS mengatakan, tempat-tempat pelaksanaan vaksinasi nantinya akan berkembang dan akan meliputi lokasi lain seperti stadion olahraga, gedung konferensi, dan lainnya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id