Kremlin Tuduh Oposisi Putin Bekerja untuk CIA

    Fajar Nugraha - 02 Oktober 2020 06:57 WIB
    Kremlin Tuduh Oposisi Putin Bekerja untuk CIA
    Alexei Navalny dituduh oleh Kremlin bekerja untuk CIA. Foto: AFP


    Navalny telah memposting di media sosial tentang kesembuhannya, tetapi wawancara dengan Der Spiegel adalah yang pertama dia berikan kepada organisasi berita besar sejak sadar kembali. Dia memberi tahu Der Spiegel bahwa dia akan kembali ke Rusia.

    "Tugas saya sekarang adalah tetap tidak takut. Dan saya tidak takut! Jika tangan saya gemetar, itu karena racun, bukan karena takut. Saya tidak akan memberi Putin hadiah untuk tidak kembali," katanya.

    Menjelaskan saat racun mulai berlaku, Navalny berkata: "Kamu tidak merasakan sakit apa pun tetapi tahu sedang sekarat."

    Navalny mengatakan bahwa dia mengalami pemulihan yang stabil dan sekarang belajar kembali bagaimana menyeimbangkan dengan satu kaki.

    Selama bertahun-tahun Navalny telah menyiksa Kremlin dengan video online di mana ia merinci gaya hidup mewah dan kekayaan pejabat senior yang tidak disebutkan yang ia anggap sebagai "penipu dan pencuri".

    Di negara di mana tokoh oposisi memiliki sedikit akses ke politik tradisional, kampanye antikorupsinya telah menjadi salah satu dari sedikit saluran yang berhasil untuk ketidakpuasan populer.

    Dia dan istrinya sekarang tinggal di sebuah flat sewaan di Berlin, tetapi dia mengatakan dia hanya akan melanjutkan memposting video setelah dia kembali ke Rusia. "Saya tidak ingin menjadi pemimpin oposisi di pengasingan,” sebutnya.

    Politisi, yang dikunjungi di samping tempat tidur rumah sakitnya oleh Merkel, mengatakan dia merasakan ikatan pribadi dengan Jerman dan terkesan dengan pengetahuan Merkel tentang Rusia.

    "Kesan saya adalah Merkel tidak membutuhkan nasihat dari saya. Tapi strategi Rusia mana pun harus memperhitungkan kedalaman kegilaan yang kini telah dicapai Putin,” pungkas Navalny.

    (REN)
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id