Macron Berjanji Mediasi Krisis Politik Belarusia

    Willy Haryono - 29 September 2020 16:03 WIB
    Macron Berjanji Mediasi Krisis Politik Belarusia
    Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: AFP)
    Vilnius: Presiden Prancis Emmanuel Macron berjanji akan membantu memediasi krisis politik Belarusia. Janji disampaikan Macron saat dirinya bertemu pemimpin oposisi Belarusia, Svetlana Tikhanovskaya.

    "Kami akan melakukan yang terbaik dan membantu memediasi sebagai warga Eropa," kata Macron kepada awak media, dalam kunjungannya ke ibu kota Lithuania, Vilnius.

    Tikhanovskaya mengonfirmasi bahwa Macron telah berjanji akan menyelesaikan ketegangan di Belarusia, yang dipicu pemilihan umum presiden pada 9 Agustus lalu.

    Hasil pilpres menyatakan petahana Alexander Lukashenko sebagai pemenang dengan 80,1 persen suara, sementara Tikhanovskaya hanya 10,12 persen.

    Demonstran menuding Lukashenko telah berbuat curang, dan aksi protes masif pun meletus sejak 9 Agustus hingga saat ini.

    Dilansir dari Al Arabiya, Selasa 29 September 2020, Macron merupakan pejabat level tertinggi yang ditemui Tikhanovskaya usai dirinya mengungsi ke Lithuania usai berakhirnya pilpres. Ia pergi ke Lithuania dengan alasan untuk mengamankan anak-anaknya.

    Sebelumnya, Tikhanovskaya telah bertemu sejumlah menteri luar negeri Eropa serta pejabat Polandia dan Lithuania. Dalam krisis ini, Polandia dan Lithuania mendukung penuh Tikhanovskaya.

    Aksi protes di Belarusia diwarnai tindakan represif polisi. Di awal-awal demonstrasi, beberapa pedemo tewas usai terlibat bentrok dengan polisi.

    Ratusan orang telah ditangkap polisi selama berlangsungnya aksi protes di Minsk dan kota-kota lainnya di Belarusia. Sebagian besar dari mereka yang ditangkap adalah aktivis demokrasi yang menuntut Lukashenko untuk segera mundur dari jabatannya.

    "Ia (Macron) akan melakukan apapun yang dia bisa untuk membebaskan tahanan politik," ujar Tikhanovkaya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id