1 Orang Tewas dan 17 Terluka dalam Protes Otonomi di Chile

    Medcom - 11 Oktober 2021 17:58 WIB
    1 Orang Tewas dan 17 Terluka dalam Protes Otonomi di Chile
    Polisi menangkap seorang demonstran dalam bentrokan aksi protes otonomi Mapuche di Santiago, Chile, 10 Oktober 2021. (Martin BERNETTI / AFP)



    Santiago: Kepolisian Chile bentrok dengan ribuan aktivis di dekat Plaza Italia, Santiago, Chile pada Minggu, 10 Oktober 2021. Bentrok berlangsung saat berlangsungnya rapat umum komunitas etnis Mapuche.

    Mapuche merupakan sekelompok penduduk asli Chile Selatan-Tengah dan Argentina Barat Daya yang termasuk bagian dari Patagonia. Mereka terkenal sebagai pejuang selama 350 tahun saat melawan Spanyol yang menguasai Chili di abad ke-16 hingga 18.

     



    Dilansir dari AFP, Senin, 11 Oktober 2021, sekitar seribu aktivis Mapuche yang mengenakan ponco dan ikat kepala tradisional dan memainkan drum seremonial menuntut hak otonomi.

    Chile telah lama dituduh melakukan diskriminasi terhadap etnis pribumi terbesar di negara yang terletak di Amerika Selatan ini. Mapuche terpinggirkan di antara 19,12 juta total populasi Chile.

    Petugas keamanan berusaha membubarkan protes dengan menembakkan meriam air dan gas air mata. Para pengunjuk rasa membalas dengan pukulan tongkat dan lemparan batu dalam konfrontasi yang berlangsung sekitar 40 menit.

    "Sebuah kelompok terus menyerang polisi," kata Kepala Polisi Wilayah Metropolitan Santiago, Enrique Monras Alvarez.

    Baca:  Warga Chile Sepakat Ubah Konstitusi Negara

    Rekaman kamera yang dipasang di tubuh polisi menunjukkan seorang pengacara Ombudsman, Denisse Cortes, berjalan untuk berbicara dengan petugas. Pada momen itu, ia terkena serangan rudal. Pria berusia 43 tahun itu pun langsung dilarikan ke rumah sakit.

    "Sayangnya, pasien meninggal pada sore hari," ujar pihak rumah sakit.

    Menteri Dalam Negeri Chile, Rodrigo Delgado, mengatakan bahwa kantor Kejaksaan Santiago telah membuka penyelidikan atas bentrokan yang terjadi selama aksi protes. (Nadia Ayu Soraya)


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id