Trump Perpanjang Larangan Visa bagi Pekerja Asing

    Willy Haryono - 23 Juni 2020 11:53 WIB
    Trump Perpanjang Larangan Visa bagi Pekerja Asing
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Pemerintahan Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump memperpanjang larangan visa bagi pekerja asing yang ingin bekerja di AS. Dikutip dari The National, Selasa 23 Juni 2020, penghentian perilisan kartu hijau (Green Card) bagi pekerja asing ini akan berlaku hingga akhir 2020.

    Selain Green Card, pemerintah AS juga akan membekukan sementara perilisan visa kerja temporer.

    Larangan ini, meski hanya bersifat sementara, merepresentasikan pemangkasan angka keimigrasian resmi di AS. Sejumlah perusahaan berusaha membatasi perubahan ini, namun kurang berbuah hasil.

    Selama ini, Trump berulang kali menyuarakan penentangannya terhadap gelombang imigran, dan bertekad akan memangkasnya demi melindungi lapangan pekerjaan di Negeri Paman Sam.

    Perpanjangan larangan ini diduga merupakan bentuk upaya Trump dalam memperkuat dukungannya dari kalangan anti-imigran garis keras menjelang pemilihan umum pada November mendatang.

    Diterapkan mulai Rabu besok, perpanjangan larangan berlaku bagi visa tipe H-1B yang biasanya digunakan sejumlah perusahaan teknologi Amerika dan India. Larangan juga berlaku bagi visa tipe H-2B untuk pekerja musiman non-agrikultur; visa J-1 untuk pertukaran budaya; dan visa L-1 untuk manajer dan pegawai kunci lainnya di berbagai korporasi internasional.

    Terdapat pengecualian bagi pekerja asing yang bekerja di bidang pemrosesan makanan. Pekerja kesehatan yang membantu upaya menangani pandemi virus korona (covid-19) di AS juga mendapat pengecualian.

    "Dalam sistem keimigrasian negara ini, kita harus tetap mengingat dampak dari pekerja asing terhadap pasar Amerika Serikat, terutama di tengah tingginya tingkat pengangguran domestik saat ini," tulis Trump dalam sebuah proklamasi kepresidenan.

    April lalu, Trump memberlakukan larangan perilisan Green Card selama 60 tahun, yang seharusnya berakhir pada Senin 22 Juni.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id