Tangkal Tiongkok, AS Akan Perkuat Kerja Sama Maritim dengan RI

    Marcheilla Ariesta - 23 Oktober 2020 19:32 WIB
    Tangkal Tiongkok, AS Akan Perkuat Kerja Sama Maritim dengan RI
    Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. Foto: AFP.
    Jakarta: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo akan melakukan lawatan ke Indonesia pekan depan. Salah satu agendanya adalah untuk mempromosikan kewaspadaan maritim terkait aktivitas Tiongkok di Luar China Selatan.

    Asisten Menlu AS, David R. Stilwell mengatakan dalam kunjungan ini, AS akan memberikan dukungan dan memperkuat kerja sama dalam menghadapi pelanggaran wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di wilayah Laut China Selatan.

    "Kerja sama terus berlanjut. Namun sekali lagi, saya akan mencatat ada beberapa tindakan kuat dari pemerintahan Presiden Trump akhir-akhir ini yang memungkinkan negara-negara seperti Indonesia untuk menegaskan klaim mereka yang sah atas sumber daya di ZEE mereka, dan penangkapan ikan telah menjadi salah satunya," kata Stilwell.

    Dalam pengarahan media, Jumat, 23 Oktober 2020, Stilwell mengatakan telah mencatat tindakan Indonesia yang mengusir kapal-kapal ikan Tiongkok dari wilayah ZEE, terutama di sekitar Natuna.

    "Anda telah melihat Indonesia telah mengusir kembali kapal-kapal China yang menangkap ikan di ZEE-nya secara ilegal. Dan ada hal-hal yang telah kami lakukan, sekali lagi, yang memberdayakan negara-negara ini untuk melawan," imbuhnya.

    Baca: Kedatangan Pompeo Menegaskan Indonesia Penting Bagi AS

    Stilwell menuturkan jika Indonesia merupakan salah satu mitra strategis mereka yang penting di kawasan. Selain itu, Washington melihat kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

    Pompeo akan mengunjungi Indonesia di akhir tur Asia. Sejak 25 hingga 30 Oktober 2020, Pompeo direncanakan akan mengunjungi India, Sri Lanka, Maladewa dan terakhir Indonesia.

    Di Jakarta, Pompeo dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Pertemuan tersebut, imbuh Stilwell, akan menjadi kesempatan untuk menggarisbawahi nilai-nilai bersama kedua negara, termasuk mendukung hak asasi manusia.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id