Trump Siap untuk Kembali Beraktivitas Mulai Sabtu

    Fajar Nugraha - 09 Oktober 2020 07:39 WIB
    Trump Siap untuk Kembali Beraktivitas Mulai Sabtu
    Presiden AS Donald Trump akan kembali beraktivitas pada Sabtu 10 Oktober 2020. Foto: AFP
    Washington: Dokter Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump siap untuk melakukan acara publik mulai Sabtu 10 Oktober 2020. Trump pun dianggap sudah menyelesaikan terapi untuk covid-19.

    Baca: Trump: Virus Korona Berkah dari Tuhan.

    "Sabtu akan menjadi hari ke 10 sejak diagnosis Kamis, dan berdasarkan diagnosa lanjutan yang telah dilakukan tim, saya sepenuhnya mengantisipasi kepulangan yang aman Presiden dan bisa terlibat dalam kegiatan publik pada saat itu," ujar Dokter Gedung Putih Dr Sean Conley, dalam memo tertulis, seperti dikutip CNN, Jumat 9 Oktober 2020.

    Memo terbarunya, yang masih belum menyebutkan kapan tes negatif terakhir Trump sebelum diagnosisnya, muncul setelah Presiden AS itu mengajukan klaimnya sendiri tentang kesehatannya pada Rabu. Trump juga mengatakan bahwa dia tidak lagi tertular virus korona.

    Hal itu menunjukkan informasi kosong yang ditinggalkan oleh kurangnya keterbukaan publik dari dokternya. Trump mengatakan kepada Maria Bartiromo dari Fox Business Network bahwa dia percaya tidak akan tertular covid-19 lagi. Bahkan dirinya siap untuk melakukan kampanye pemilu presiden.

    Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan orang yang terinfeksi virus korona perlu menunggu 10 hari setelah gejala mereka pertama kali muncul, sebelum mulai berinteraksi dengan orang lain dan harus bebas demam selama 24 jam tanpa minum obat penurun demam.

    Dengan pedoman tersebut, Trump seharusnya tetap mengisolasi, bukan berkampanye. Tapi hanya dua hari setelah keluar dari rumah sakit, dia bekerja di Ruang Oval.

    Ditanya Kamis tentang kritik bahwa dia akan kembali ke Gedung Putih saat masih hampir pasti menyebarkan virus, Trump mengatakan dia tidak percaya itu benar.

    "Saya rasa, saya sama sekali tidak menular," katanya.

    Tetapi tidak mungkin bagi Trump untuk mengetahui berdasarkan bagaimana perasaannya apakah dia menularkan virus.

    Trump juga mengklaim dia sekarang memiliki kekebalan terhadap virus korona. Ilmu pengetahuan sejauh ini menunjukkan bahwa dia mungkin memiliki beberapa tingkat perlindungan, tetapi tidak jelas seberapa kuat perlindungan itu atau berapa lama itu bertahan.

    Trump terdengar serak dalam wawancara Kamis pagi, tetapi dia bersikeras dia lebih baik dari biasanya dan siap untuk melanjutkan jadwal kampanyenya.

    “Kondisi saya lebih baik. Kembali di mana saya ingin melakukan kampanye malam ini. Saya ingin melakukannya tadi malam. Saya merasa sempurna. Tidak ada yang salah,” ucap Trump kepada Bartiromo.

    Menyebut penyakitnya "hampir merupakan hadiah dari surga," Trump kembali memuji obat-obatan yang dia terima di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id