Fauci Geram Ucapannya Dikutip di Luar Konteks oleh Trump

    Willy Haryono - 12 Oktober 2020 10:40 WIB
    Fauci Geram Ucapannya Dikutip di Luar Konteks oleh Trump
    Dr Anthony Fauci, salah satu dokter dalam gugus tugas penanganan covid-19 di Amerika Serikat. (Foto: AFP)
    Washington: Pakar penyakit menular ternama di Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci, mengecam iklan kampanye Presiden AS Donald Trump yang menayangkan kutipan pernyataan sang dokter tanpa izin. Dalam iklan kampanye itu, Fauci terdengar berbicara bahwa dirinya "tidak dapat membayangkan ada orang lain yang bisa berbuat lebih banyak" dalam memerangi covid-19.

    Kutipan yang diambil tanpa konteks itu bertujuan agar Fauci terdengar seperti mendukung penuh Trump dalam memerangi covid-19.

    Namun Fauci menegaskan, pernyataan spesifiknya itu merujuk pada dirinya dan jajaran tenaga medis lain, bukan Trump. Selama ini, Fauci dan Trump dikenal sering berselisih paham mengenai penanganan pandemi covid-19 di AS.

    "Selama hampir lima dekade saya melayani publik, saya tidak pernah secara terbuka mendukung kandidat politik manapun," kata Fauci, dalam keterangan yang disampaikan kepada kantor berita AFP.

    "Pernyataan saya (dalam video) digunakan tanpa izin dalam kampanye GOP, yang diambil begitu saja di luar konteks. Pernyataan itu saya sampaikan beberapa bulan lalu mengenai upaya jajaran tenaga medis federal," sambungnya, dilansir dari laman BBC pada Senin, 11 Oktober 2020. GOP merujuk pada Partai Republik.

    Iklan kampanye Republik berdurasi 30 detik mendeklarasikan bahwa "Presiden Trump sudah sembuh dari virus korona, begitu juga Amerika." Usai deklarasi itu, video berlanjut ke pernyataan dari Fauci.

    Dalam rekaman video asli yang tidak dipotong dalam wawancara dengan Fox News pada Maret, Fauci berkata: "Saya mendedikasikan hampir seluruh waktu saya untuk ini. Saya berada di Gedung Putih setiap hari bersama gugus tugas. Setiap hari saya di sana. Jadi, saya tidak bisa membayangkan bahwa dalam situasi seperti apapun, ada orang yang bisa berbuat lebih banyak dari ini."

    Merespons jawaban Fauci, juru bicara kampanye Trump Tim Murtaugh menegaskan bahwa pernyataan itu keluar dari mulut sang dokter. Ia menyebut saat itu Fauci memang memuji kinerja jajaran pemerintahan Trump.

    "Kata-kata yang diucapkan akurat, dan langsung dari mulut Dr Fauci," tutur Murtaugh.

    Trump juga membela penggunaan kata-kata Fauci dalam iklan kampanyenya. "Itu jelas kata-kata Dr Fauci sendiri. Kami telah melakukan pekerjaan fenomenal, menurut keterangan beberapa gubernur," ujarnya.


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id