5 Hal Perlu Jadi Perhatian dalam Debat Cawapres AS

    Fajar Nugraha - 08 Oktober 2020 07:27 WIB
    5 Hal Perlu Jadi Perhatian dalam Debat Cawapres AS
    Wakil Presiden AS Mike Pence berhadapan dengan cawapres dari Partai Demokrat Kamala Harris. Foto: AFP
    Salt Lake City: Duduk terpisah sejauh hampir empat meter, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence akan berhadapan dengan cawapres dari Partai Demokrat, Kamala Haris. Debat pada Rabu 7 Oktober malam atau 8 Oktober waktu Indonesia itu berlangsung di University of Utah.

    Pertarungan mereka muncul dengan taruhan tertinggi untuk debat wakil presiden baru-baru ini, sebagian karena diagnosis virus korona Presiden Donald Trump. Hal tersebut membuat tidak jelas apakah dan bagaimana debat presiden tambahan akan dilangsungkan.

    Ini juga akan menandai momen bersejarah, karena Harris menjadi perempuan kulit hitam dan keturunan Asia Selatan pertama yang berpartisipasi dalam debat kampanye Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS).

    Kampanye dilakukan pada saat yang kacau di Washington. Virus  korona menyebar dengan cepat melalui Trump di Gedung Putih dan di antara sekutu utama kampanyenya. Pada Selasa, Trump tiba-tiba menghentikan pembicaraan stimulus dengan Ketua DPR Nancy Pelosi.

    Pence dan Harris berbagi tiket dengan dua pria tertua yang mencalonkan diri sebagai presiden -,Trump yang berusia 74 tahun dan calon Demokrat yang berusia 77 tahun, Joe Biden,- memberikan penekanan ekstra pada peran mereka sebagai orang kedua dalam komando.

    Berikut lima hal yang harus diperhatikan dalam debat cawapres AS:

    1. Jaga Jarak dan penghalang kaca

    Bahkan sebelum pandemi disebutkan pada debat keberadaan kaca pemisah akan terlihat jelas.

    Penyelenggara debat, sebagai tanggapan atas penyebaran virus korona di dalam Gedung Putih dan fakta bahwa Pence berada di acara yang tampaknya merupakan asal mula Gedung Putih yang tersebar lebih dari seminggu yang lalu, membuat sejumlah perubahan pada protokol keamanan mereka. Termasuk menempatkan Pence dan Harris dengan jarak hampir 4 meter, menggunakan kaca plexiglass sebagai pembatas antara kandidat dan mewajibkan semua penonton mengenakan masker.

    Risiko virus korona di sekitar arena perdebatan membuat beberapa politikus Partai Demokrat mempertanyakan mengapa kontes itu terjadi, terutama mengingat kedekatan Pence dengan mereka yang baru-baru ini dinyatakan positif.

    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id