comscore

Erdogan Menentang Keanggotaan Finlandia dan Swedia di NATO

Willy Haryono - 17 Mei 2022 11:14 WIB
Erdogan Menentang Keanggotaan Finlandia dan Swedia di NATO
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Adem ALTAN / AFP)
Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengonfirmasi penentangan negaranya terhadap upaya Finlandia dan Swedia yang hendak bergabung ke Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Sekali lagi, Erdogan menuding kedua negara itu gagal mengambil sikap tegas terhadap terorisme.

Swedia dan Finlandia diketahui memberikan dukungan kepada PKK, sebuah kelompok pemberontak Kurdi yang dilabeli organisasi "teroris" oleh Turki. PKK (Partai Pekerja Kurdistan) telah mengobarkan pemberontakan melawan Turki sejak 1984, yang telah menewaskan puluhan ribu orang.
"Turki tidak akan menyetujui Swedia dan Finlandia yang ingin bergabung ke NATO," tegas Erdogan, dikutip dari Public Radio of Armenia, Senin, 16 Mei 2022. Turki adalah satu dari 30 negara anggota NATO.

Erdogan menegaskan bahwa delegasi Swedia dan Finlandia "tidak perlu repot-repot datang ke Ankara" untuk meminta persetujuan Turki dalam upaya bergabung ke NATO.

Dalam sebuah konferensi pers, Erdogan juga menyebut Swedia sebagai "tempat penetasan" organisasi-organisasi teroris. Tidak hanya itu, ia juga menuduh adanya sejumlah teroris di jajaran anggota parlemen Swedia.

Turki mengatakan Swedia dan Finlandia menampung sejumlah orang terkait beberapa grup yang dianggap sebagai teroris, termasuk PKK dan kelompok pengikut Fethullah Gulen -- ulama yang dituduh Ankara sebagai dalang di balik percobaan kudeta 2016.

Sementara itu, perwakilan senior Swedia dan Finlandia berencana pergi ke Turki untuk membicarakan penentangan Ankara terhadap keanggotaan NATO.

Akhir pekan kemarin, Finlandia secara resmi mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan NATO. Di Swedia, partai berkuasa juga mengutarakan hal serupa mengenai aliansi NATO.
 
Kurang dari tiga bulan usai Rusia menginvasi Ukraina, pengumuman Finlandia dan Swedia ini merupakan langkah mengejutkan karena keduanya dikenal sebagai negara Nordik yang memiliki kebijakan militer nonblok.

Baca:  Putin Tegaskan Rusia Tak Memiliki Masalah dengan Finlandia dan Swedia


(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id