comscore

Ventilator Hingga Vaksin, Dukungan Jerman untuk Indonesia di Masa Pandemi

Marcheilla Ariesta - 24 Januari 2022 19:48 WIB
Ventilator Hingga Vaksin, Dukungan Jerman untuk Indonesia di Masa Pandemi
Bantuan Jerman untuk Indonesia./Dok. Kemenkes
Jakarta: Jerman merupakan salah satu negara yang turut membantu Indonesia dalam melawan pandemi covid-19. Pada hari ini, Senin, 24 Januari 2022, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Ina Lepel secara simbolis menyerahkan pengiriman persediaan medis dari Jerman.

"Saya bangga dan bersyukur hari ini dapat menyerahkan secara simbolis persediaan medis yang terdiri atas 67 ventilator, lebih dari 2.000 dosis obat terapi covid-19, serta 9.183.820 juta dosis vaksin covid-19," kata dia dalam keterangan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta.

 



"Lebih banyak lagi akan menyusul," lanjut dia.

Menurut Lepel, negaranya berkomitmen untuk melawan pandemi bersama secara global. Terlebih, katanya saat ini kasus covid-19 varian Omicron meningkat jumlahnya di negaranya dan berbagai belahan dunia lain.

Baca juga: Jerman Kirim 5 Juta Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

Ia dan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi setuju jika kedua negara saling dukung. "Kita harus bekerja sama lebih lanjut secara multilateral untuk secara tuntas mengakhiri pandemi ini dan melindungi diri kita dari ancaman kesehatan di tingkat global di masa mendatang," kata Lepel.

Indonesia, katanya merupakan salah satu negara yang mendapatkan porsi terbesar dukungan global Jerman dalam melawan pandemi. "Ini sinyal kuat hubungan bilateral kami yang baik dan kami bangga merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik ini di tahun 2022," sambung dia.

Sementara itu, Menkes Budi mengucapkan terima kasih atas donasi dari pemerintah Jerman tersebut. "Mewakili pemerintah RI, saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemeritah Jerman atas donasinya yang terdiri dari vaksin covid-19, ventilator medis dan obat terapi covid-19," lanjut dia.

Ia menegaskan, kunci utama dalam penanganan pandemi adalah kerja sama bilateral kedua negara dan dukungan dari setiap pemangku kebijakan terkait. "Kami sungguh berharap pandemi ini bisa berakhir dalam waktu dekat," katanya.

Sejak Desember 2021, Jerman telah mengirimkan vaksin covid-19 dengan total sejumlah 9.183.820 dosis. Sebagian besar dikirimkan melalui fasilitas COVAX.

Secara terpisah, Jerman juga menyumbangkan 2.016 antibodi monoklonal of Casirivimab dan Imdevimab yang digunakan untuk terapi pengobatan covid-19 dan 67 ventilator.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id