comscore

Tiongkok Bantah Xi Minta Putin Tidak Invasi Ukraina Selama Olimpiade

Willy Haryono - 25 Januari 2022 07:11 WIB
Tiongkok Bantah Xi Minta Putin Tidak Invasi Ukraina Selama Olimpiade
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara secara virtual dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada 28 Juni 2021. (Alexey NIKOLSKY / Sputnik / AFP)
Moskow: Tiongkok membantah keras adanya kabar dari sebuah media Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa Presiden Xi Jinping meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk tidak menginvasi Ukraina selama berlangsungnya Olimpiade Beijing 2022. Bantahan untuk laporan dari media Bloomber itu disampaikan Kedutaan Besar Tiongkok di Rusia, Senin, 24 Januari 2022.

"Publikasi Bloomberg yang mengatakan bahwa kepala negara Tiongkok meminta kepala negara Rusia untuk tidak menyerang Ukraina selama Olimpiade agar tidak mengganggu musim liburan, adalah palsu dan sebuah provokasi," ujar Kedubes Tiongkok di Moskow, dikutip dari Sputnik.
Kementerian Luar Negeri Rusia juga turut membantah sekaligus mengecam.

"Kabar tersebut bukan hanya palsu, tapi merupakan ciri khas dari operasional informasi Amerika," ucap juru bicara Kemenlu Rusia Maria Zakharova

Kedubes Tiongkok di Moskow menegaskan bahwa Beijing selalu mendukung solusi diplomatik untuk menyelesaikan isu ketegangan Ukraina, dengan didasarkan pada kesepakatan-kesepakatan terdahulu yang pernah dibuat di Minsk.

Kontroversi tudingan ini muncul di tengah ketegangan di perbatasan Ukraina yang semakin meningkat. AS dan beberapa negara Barat menuduh Rusia hendak menginvasi Ukraina karena terus menambah jumlah pasukan di wilayah perbatasan.

Meski Rusia berulang kali membantahnya, ketegangan belum juga menurun. Rangkaian langkah diplomatik telah dilakukan, namun belum menghasilkan terobosan.

Rusia mengaku hanya ingin mendapat jaminan keamanan dari Barat, termasuk agar NATO tidak memperluas pengaruh di Eropa dan tidak menerima Ukraina sebagai anggota.

Baca:  Inggris Tuduh Rusia Berusaha Tempatkan Pemimpin Pro-Moskow di Ukraina

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id