Harimau di Kebun Binatang AS Positif Korona

    Willy Haryono - 06 April 2020 08:26 WIB
    Harimau di Kebun Binatang AS Positif Korona
    Ilustrasi seekor harimau di alam liar. (Foto: AFP)
    New York City: Seekor singa berusia empat tahun di kebun binatang Bronx Zoo dinyatakan positif mengidap virus korona. Bronx Zoo mengatakan hasil tes harimau bernama Nadia itu telah dikonfirmasi Laboratorium Layanan Kesehatan Hewan Nasional di Iowa.

    Berlokasi di New York City, Amerika Serikat, Bronx Zoo mengatakan bahwa saudari Nadia, yakni Azul, dan dua harimau jenis Amur serta tiga singa Afrika, mengalami batuk kering -- salah satu gejala virus korona. Pihak kebun binatang optimistis semua hewan itu akan pulih seperti semula.

    Dikutip dari BBC, Senin 6 April 2020, sekelompok hewan itu diduga terjangkit virus korona dari seorang penjaga kandang.

    "Kami telah melakukan tes terhadap harimau (Nadia) sebagai bentuk kewaspadaan. Kami akan memastikan wawasan apapun yang kami dapat mengenai covid-19 akan berkontribusi terhadap pemahaman global terhadap virus ini," ujar pernyataan Bronx Zoo.

    Bronx Zoo tidak menyebutkan apakah hasil tes Nadia merupakan covid-19 atau varian lain dari virus korona.

    Nafsu makan Nadia berkurang setelah terjangkit korona. Namun Bronx Zoo mengatakan kondisi umum harimau Malaya tersebut relatif baik karena ditangani secara seksama.

    Atas peristiwa ini, Bronx Zoo mengaku akan mengawasi secara ketat kesehatan semua hewan. "Kucing besar kami terinfeksi dari seorang pawang, yang awalnya tidak menunjukkan gejala," ungkap Bronx Zoo.

    Semua hewan yang menunjukkan gejala korona saat ini diawasi di area Tiger Mountain di area kebun binatang. Sejauh ini, hasil tes yang baru dirilis adalah milik Nadia.

    Sejumlah pakar telah memperingatkan bahwa virus korona dapat mengancam hewan liar tipe primata seperti gorila, kera, dan orangutan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id