comscore

Percakapan Putin-Macron Bocor, Menlu Rusia: Melanggar Etika Diplomatik

Fajar Nugraha - 06 Juli 2022 16:53 WIB
Percakapan Putin-Macron Bocor, Menlu Rusia: Melanggar Etika Diplomatik
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. AFP
Hanoi: Percakapan melalui telepon antara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dilaporkan bocor. Menurut Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menegaskan ini adalah bentuk pelanggaran etika diplomatik.

Rincian panggilan rahasia beberapa hari sebelum operasi militer Moskow di Ukraina diungkapkan oleh televisi France 2 dalam sebuah film dokumenter tentang penanganan konflik oleh Presiden Prancis.
“Etika diplomatik tidak menyediakan kebocoran sepihak dari rekaman (seperti itu),” kata Lavrov dalam perjalanan ke Vietnam, seperti dikutip Arab News, Rabu 6 Juli 2022.

Lavrov mengatakan, Rusia tidak perlu malu dari isi percakapan antara kedua pemimpin.

“Kami pada prinsipnya memimpin negosiasi sedemikian rupa sehingga tidak pernah merasa malu. Kami selalu mengatakan apa yang dipikirkan dan siap untuk menjawab kata-kata ini dan menjelaskan posisi kami,” imbuh Lavrov.

Lavrov sedang dalam kunjungan dua hari ke Vietnam, pada peringatan sepuluh tahun “kemitraan strategis komprehensif” kedua negara.

Vietnam, yang secara historis dekat dengan Moskow, sejauh ini menolak untuk langsung mengutuk intervensi militer Rusia di Ukraina.

Lavrov lanjut ke Bali untuk menghadiri Pertemuan Menlu Negara G20 (FMM G20) pada 8 Juli 2022. Menlu AS Antony Blinken hingga Menlu Tiongkok Wang Yi turut hadir dalam pertemuan itu.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id