Populer Internasional: Gempa Kuat di Jepang hingga Klaim Putin soal Covid-19

    Willy Haryono - 14 Februari 2021 10:48 WIB
    Populer Internasional: Gempa Kuat di Jepang hingga Klaim Putin soal Covid-19
    Tampilan layar memperlihatkan sejumlah jadwal perjalanan kereta Shinkansen yang dibatalkan pada Minggu, 14 Februari 2021, akibat gempa bumi magnitudo 7,3 di Fukushima, Jepang. (Kazuhiro NOGI/AFP)


    Fukushima: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang Fukushima, Jepang pada Sabtu malam. Gempa yang melukai setidaknya 50 orang ini menjadi berita terpopuler di kanal Internasional pada Minggu, 14 Februari 2021.

    Berita terpopuler lainnya adalah reaksi Donald Trump usai dirinya dinyatakan tidak bersalah dalam sidang pemakzulan kedua di Senat Amerika Serikat, dan juga klaim Presiden Vladimir Putin mengenai penanganan Covid-19 di Rusia.


    Berikut penjelasan selengkapnya:

    1.  Gempa M 7,3 Hantam Jepang, 50 Lebih Terluka dan 950 Ribu Rumah Mati Listrik

    Selain melukai 50 orang, gempa yang berpusat di Fukushima dan juga dirasakan di Tokyo itu telah memicu pemadaman listrik di hampir satu juta rumah. Gempa kali ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami atau kerusakan pembangkit nuklir.

    Badan Meteorologi Jepang mencatat pusat gempa ada di 55 kilometer di bawah permukaan laut di lepas pantai Prefektur Fukushima. Getaran gempa juga terasa di Tokyo. Detail selengkapnya bisa dibaca di sini.

    2.  Bebas dari Pemakzulan, Trump Sambut Baik Putusan Senat AS

    Donald Trump mengekspresikan kegembiraannya usai dinyatakan tidak bersalah oleh Senat AS. Ia memuji jajaran senator sembari menyerang Partai Demokrat yang melayangkan dakwaan pemakzulan.

    Menurutnya, sidang pemakzulan kedua ini merupakan "perburuan penyihir" terbesar dalam sejarah negara AS. Ia berterima kasih kepada tim pengacaranya di Kongres, yang disebut telah "berjuang demi konstitusi dan prinsip-prinsip hukum."

    Trump juga menyampaikan pernyataan yang ditujukan kepada para pendukungnya. Apa yang disampaikan Trump? Selengkapnya di sini.

    3.  Putin Klaim Penanganan Covid-19 di Rusia Lebih Baik dari Negara Lain

    Vladimir Putin menilai banyak negara, terutama di wilayah Barat, meremehkan Rusia di fase-fase awal pandemi. Namun menurutnya, Rusia mampu bertahan dari pandemi dan justru melakukan performa yang lebih baik dari negara-negara lain.

    Putin menyebutkan adanya satu indikator bebas bias yang dapat memperlihatkan bahwa Rusia jauh lebih baik dari negara-negara lain dalam penanganan covid-19.

    Apa indikator yang dimaksud Putin? Selanjutnya dapat dibaca di sini.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id