Armenia dan Azerbaijan Sepakat Turunkan Ketegangan di Bawah Pengawasan Putin

    Willy Haryono - 27 November 2021 18:36 WIB
    Armenia dan Azerbaijan Sepakat Turunkan Ketegangan di Bawah Pengawasan Putin
    Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev (kiri), Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) dan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dalam konferensi pers gabungan di Sochi, 26 November 2021. (Mikhail KLIMENTYEV / SPUTNIK / AFP)



    Sochi: Armenia dan Azerbaijan sepakat menurunkan ketegangan dari sisa-sisa pertempuran mereka di wilayah Nagorno-Karabakh tahun lalu. Kesepakatan tercapai dalam sebuah pertemuan yang dimediasi Presiden Rusia Vladimir Putin di kota Sochi pada Jumat, 26 November.

    Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev sama-sama menyebut pertemuan tersebut sebagai dialog yang "positif."

     



    Dikutip dari The New Arab, Sabtu, 27 November 2021, Putin mengumumkan bahwa kedua pemimpin sepakat untuk memulai proses demarkasi perbatasan, membangun kembali jaringan transportasi di kawasan, dan juga melanjutkan dialog seputar "isu-isu kemanusiaan."

    Ia berterima kasih kepada Pashinyan dan juga Aliyev yang bersedia untuk berdialog langsung secara tatap muka di Sochi.

    Ketiga tokoh bertemu di Sochi kurang dari dua pekan setelah meletusnya kembali pertempuran antara Armenia dan Azerbaijan. Tahun lalu, konflik antar kedua negara di Nagorno-Karabakh telah menewaskan lebih dari 6.500 orang.

    Baca:  24 Tentara Armenia Dilaporkan Hilang Usai Bentrokan dengan Azerbaijan

    Pertemuan terbaru di Sochi dilakukan bertepatan dengan peringatan satu tahun gencatan senjata Armenia-Azerbaijan yang dimediasi Moskow.

    "Kami telah menyepakati beragam isu kunci," kata Putin dalam konferensi pers gabungan bersama Pashinyan dan Aliyev di Sochi.

    "Dialog berlangsung dalam atmosfer terbuka dan positif," tutur Pashinyan. "Hasil pertemuan positif. (Kawasan) akan menjadi lebih aman," ungkap Aliyev.

    Sebelum pertemuan di Sochi, Putin berulang kali menyerukan kepada Armenia dan Azerbaijan untuk segera menurunkan ketegangan demi stabilitas kawasan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id