Macron Tolak Kecam Perilisan Ulang Kartun Nabi Muhammad

    Willy Haryono - 02 September 2020 12:15 WIB
    Macron Tolak Kecam Perilisan Ulang Kartun Nabi Muhammad
    Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: AFP)
    Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron menolak mengecam perilisan ulang kartun Nabi Muhammad oleh kantor majalah Charlie Hebdo. Ia menegaskan dirinya tidak memiliki kapasitas untuk menghakimi pilihan editorial media apapun di Prancis.

    Namun Macron menegaskan, seluruh warga Prancis wajib memperlihatkan sikap saling menghormati dan menghargai, serta menghindari "dialog kebencian."

    "Sejak awal presiden di Republik ini tidak sepatutnya menghakimi pilihan editorial seorang jurnalis atau kantor berita. Ini dikarenakan kami memiliki kebebasan pers," ujar Macron, dilansir dari laman Metro.us, Rabu 2 September 2020.

    Pernyataan disampaikan Macron dalam kunjungan keduanya ke Lebanon pascaledakan dahsyat di Beirut.

    Kartun Nabi Muhammad dicetak ulang satu hari sebelum persidangan 14 orang yang dituding membantu dua orang pelaku penyerangan kantor Charlie Hebdo pada 7 Januari 2015.

    Dua belas orang tewas dalam serangan termasuk, termasuk beberapa kartunis. Lima orang tewas beberapa hari kemudian di Paris dalam sebuah serangan berbeda namun terkait Charlie Hebdo.
     
    Serangan di kantor Charlie Hebdo memicu gelombang aksi kekerasan lainnya di seantero Prancis.

    Halaman depan edisi terbaru meliputi 12 kartun orisinil Nabi Muhammad, yang pernah diterbitkan di sebuah koran Denmark sebelum muncul di Charlie Hebdo. Salah satu kartun memperlihatkan Nabi Muhammad memakai bom ketimbang turban.
     
    Dalam editorialnya, Charlie Hebdo mengklaim pihaknya sering dapat permintaan dari sejumlah pihak untuk melanjutkan karikatur Nabi Muhammad sejak serangan 2015.
     
    "Kami selalu menolak melakukannya bukan karena dilarang, tapi karena harus ada alasan kuat untuk melakukannya, sebuah alasan yang memiliki makna dan dapat mendorong hal tertentu ke dalam perdebatan," ucap pihak Charlie Hebdo

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id