Trump Akhirnya Pakai Masker di Ruang Publik

    Willy Haryono - 12 Juli 2020 08:16 WIB
    Trump Akhirnya Pakai Masker di Ruang Publik
    Presiden AS Donald Trump memakai masker saat mengunjungi rumah sakit Walter Reed di luar wilayah Washington, AS, Sabtu 11 Juli 2020. (Foto: ALEX EDELMAN/AFP/GETTY)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump memakai masker di ruang publik untuk kali pertama sejak terjadinya pandemi virus korona (covid-19). Masker dikenakan Trump saat dirinya mengunjungi rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington.

    "Saya tidak pernah menentang penggunaan masker. Saya hanya bilang ada waktu dan tempat yang tepat untuk menggunakannya," kata Trump usai meninggalkan Gedung Putih, dikutip dari laman BBC, Minggu 12 Juli 2020.

    Sebelumnya Trump pernah berkata tidak akan pernah menggunakan masker di ruang publik. Ia bahkan pernah mengejek politikus Partai Demokrat Joe Biden karena memakai masker di ruang publik.

    Namun dalam kunjungan ke Walter Reed, Trump menilai bahwa ini adalah waktu dan tempat yang tepat untuk memakai masker.

    "Saat berada di rumah sakit, apalagi ketika berbicara dengan banyak prajurit atau orang yang baru selesai dioperasi, saya rasa menggunakan masker adalah hal yang tepat," ungkapnya.

    Pekan kemarin, Trump berkata kepada Fox Business Network bahwa dirinya terbuka dalam hal penggunaan masker. Ia menambahkan, dirinya kini suka memakai masker, karena wajahnya menjadi terlihat mirip Lone Ranger -- karakter pahlawan fiksi dalam kisah American Old West.

    April lalu, saat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan warga AS untuk memakai masker di ruang publik, Trump mengatakan kepada awak media bahwa dirinya tidak akan mengikuti imbauan tersebut.

    "Saya rasa saya tidak akan melakukannya. Saya tidak bisa membayangkan harus memakai masker saat menyapa presiden, perdana menteri, diktator, raja, atau ratu," ungkapnya kala itu.

    Laporan beberapa media AS mengindikasikan bahwa ajudan Trump telah beberapa kali meminta sang presiden untuk memakai masker di ruang publik.

    AS masih menjadi negara dengan angka kasus covid-19 tertinggi di dunia. Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Minggu ini, total kasus covid-19 di AS telah melampaui 3,2 juta dengan 134 ribu lebih kematian dan 995.576 pasien sembuh.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id