Dubes AS Diancam Dibunuh, Trump: Balasan untuk Iran 1.000 Kali Lebih Besar

    Fajar Nugraha - 15 September 2020 16:14 WIB
    Dubes AS Diancam Dibunuh, Trump: Balasan untuk Iran 1.000 Kali Lebih Besar
    Presiden AS Donald Trump tegaskan siap serang balik Iran. Foto: AFP
    Washington: Iran diklaim berencana untuk membunuh Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Afrika Selatan (Afsel) Lana Marks. Presiden Donald Trump pun langsung bernada keras atas ancaman tersebut.

    Baca: Iran Dituduh Berencana Bunuh Duta Besar AS.

    Trump pada Senin 14 September 2020 bersumpah bahwa setiap serangan oleh Iran akan ditanggapi dengan tanggapan "1.000 kali lebih besar," setelah laporan bahwa Iran berencana untuk membalas pembunuhan jenderal tinggi Qasem Soleimani pada Januari.

    Kabar mengenai rencana pembunuhan Dubes Marks dilansir oleh media Politico pada akhir pekan. Mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa dugaan persekongkolan Iran untuk membunuh Duta Besar AS untuk Afrika Selatan itu telah direncanakan sebelum Pilpres AS pada November.

    "Menurut laporan pers, Iran mungkin merencanakan pembunuhan, atau serangan lain, terhadap Amerika Serikat sebagai pembalasan atas pembunuhan (Qassem) Soleimani," sebut Trump.

    "Setiap serangan oleh Iran, dalam bentuk apapun, terhadap Amerika Serikat akan berhadapan dengan serangan terhadap Iran yang akan 1.000 kali lebih besar!,” tulis Trump dalam akun Twitternya, seperti dikutip AFP, Selasa 15 September 2020.

    Hubungan antara Washington dan Teheran telah tegang sejak revolusi Iran, dan telah meningkat sejak Trump secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional penting dengan Iran pada Mei 2018.

    Pada Januari, serangan pesawat tak berawak AS menewaskan Soleimani di Baghdad, dan Washington mendorong untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran yang mulai berakhir secara bertahap pada Oktober serta menerapkan kembali sanksi PBB terhadap republik Islam itu.

    Angkatan laut Iran pekan lalu mengatakan pihaknya telah mengusir pesawat Amerika yang terbang dekat dengan daerah tempat latihan militer sedang berlangsung di dekat Selat Hormuz.

    Militer Iran mengatakan, tiga pesawat AS terdeteksi oleh radar angkatan udara Iran setelah mereka memasuki zona identifikasi pertahanan udara negara itu.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id