Indonesia Terima Total 8 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS

    Willy Haryono - 01 Agustus 2021 13:19 WIB
    Indonesia Terima Total 8 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS
    Vaksin covid-19 buatan Moderna. (AFP)



    Washington: Amerika Serikat kembali menyalurkan bantuan vaksin Covid-19 buatan perusahaan Moderna ke Indonesia melalui skema berbagi COVAX, Minggu, 1 Agustus 2021. Dalam pengiriman ketiga ini, AS menyalurkan 3,5 juta dosis vaksin Moderna.

    Sebelumnya, AS melalui COVAX telah menyalurkan 3 juta lebih vaksin Moderna ke Indonesia pada tahap pertama, dan 1.500.100 di tahap kedua.

     



    "Dengan kedatangan hari ini, maka jumlah vaksin Moderna, dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui Covax Facility yang telah diterima Indonesia adalah 8.000.160 dosis vaksin jadi," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan tertulis Kemenlu RI yang diterima awak media.

    Berbicara di Washington DC, AS, Menlu Retno mengatakan bahwa Indonesia juga akan menerima tambahan vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca pada Senin besok, sekitar pukul 15.40 WIB. Penyaluran vaksin tersebut merupakan bagian dari kerja sama bilateral berbagi vaksin antara Indonesia dan Inggris.

    Menlu Retno mengatakan akan ada pengiriman berikutnya ke Indonesia, meski jumlahnya belum dapat disebutkan.

    "Dukungan vaksin dari Inggris ini juga merupakan hasil komunikasi intensif yang dilakukan dengan Menteri Luar Negeri Inggri Dominic Raab," tutur Menlu Retno.

    Terkait bantuan vaksin hari ini, Menlu Retno menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada AS atas dukungannya terhadap penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Inggris yang selalu membantu Indonesia sejak awal pandemi.

    "Kerja sama melalui mekanisme berbagi vaksin ini merupakan salah satu cara penting untuk agar dunia dapat keluar dari pandemi ini," ungkap Menlu Retno.

    Baca:  Bio Farma Terima Bahan Baku Vaksin Moderna Tahap Kedua dari Pemerintah AS

    Vaksin Slank untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.

     

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id