Pesta Bersama Menteri yang Positif Covid-19, PM Finlandia Minta Maaf

    Medcom - 09 Desember 2021 16:04 WIB
    Pesta Bersama Menteri yang Positif Covid-19, PM Finlandia Minta Maaf
    Perdana Menteri (PM) Finlandia, Sanna Marin. Foto: AFP



    Helsinki: Perdana Menteri (PM) Finlandia, Sanna Marin meminta maaf kepada publik pada Rabu, 8 Desember 2021. Permintaan maaf disampaikan usai kemunculan foto dirinya di sebuah klub malam, bersamaan setelah Menteri Luar Negeri Finlandia, Pekka Haavisto dinyatakan positif covid-19.

    “Saya melakukan kesalahan. Saya seharusnya mempertimbangkan situasi dengan lebih hati-hati,” kata Marin dalam wawancara televisi dengan penyiar publik Yle pada Rabu malam.

     



    Dilansir dari Khaleej Times, Kamis, 9 Desember 2021, pemimpin Finlandia berusia 36 tahun tersebut menulis di Facebook pada Senin, ia memutuskan untuk tidak mempersingkat malamnya pada Sabtu, setelah diberitahu ia telah terpapar covid-19 sehari sebelumnya. 

    Pernyataan tersebut disampaikan, setelah majalah gosip Finlandia menerbitkan foto Marin di klub malam yang ramai.

    Surat kabar Helsingin Sanomat melaporkan pada Rabu, Menteri Urusan Ekonomi Finlandia, Mika Lintila menghadiri pertandingan bola lantai antara Finlandia dan Latvia pada Minggu, meskipun disarankan untuk menghindari kontak dengan orang lain. 

    Surat kabar Ilta-Sanomat juga melaporkan pada Selasa, Menteri Pertahanan Finlandia, Antti Kaikkonen pergi ke pesta makan malam pada Sabtu. Sementara Menteri Keuangan Finlandia, Annika Saarikko, dan Menteri Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Finlandia, Antti Kurvinen membatalkan kehadiran mereka pada acara yang sama guna menghindari kontak.

    Perilaku ketiga menteri tersebut terungkap pada Jumat, dalam pertemuan yang dihadiri oleh Haavisto, bersamaan dengan dirinya dinyatakan positif covid-19 pada Sabtu.

    Marin mengatakan, ia berada di sebuah restoran saat ia menerima telepon dari sekretaris negaranya yang memberitahu dirinya terkait paparan tersebut.

    “Ia bilang para menteri tidak akan dikarantina karena mereka semua telah divaksinasi dua kali,” tulis Marin di Facebook, menjelaskan mengapa ia terus bersosialisasi.

    Kemudian, Kantor Perdana Menteri Finlandia mengatakan, telah mengirim dua pesan teks kepada menteri yang terpapar pada Sabtu. Kantor merekomendasikan agar mereka menghindari kontak dengan orang lain.

    Marin menjelaskan, ia telah meninggalkan telepon resminya di rumah dan sebaliknya mengandalkan ajudan yang menghubunginya di telepon pribadinya.

    Marin diketahui telah menjalani dua tes covid-19 yang hasilnya negatif. Lintila dan Kaikkonen pun dinyatakan negatif. Institut Kesehatan Finlandia (THL) pun merekomendasikan, untuk menghindari kontak sosial sambil menunggu hasil tes covid-19. (Nadia Ayu Soraya)

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id