Ada Paket Mencurigakan, Bandara Manchester Sempat Ditutup

    Fajar Nugraha - 20 Oktober 2021 06:58 WIB
    Ada Paket Mencurigakan, Bandara Manchester Sempat Ditutup
    Seorang warga keluar dari Bandara Manchester, Inggris. Foto: AFP



    Manchester: Terminal 2 Bandara Manchester, Inggris sempat ditutup setelah polisi menyelidiki ancaman terhadap keamanan. Sebelumnya ada laporan paket mencurigakan di terminal itu.

    Terminal ditutup dan penumpang dievakuasi pada Selasa sore setelah polisi Greater Manchester memasang garis polisi untuk menangani insiden tersebut. Kini Terminal 2 Bandara Manchester telah dibuka kembali setelah penyelidikan polisi menemukan ‘tidak ada ancaman keamanan’ menyusul laporan paket mencurigakan.

    “Menyusul penyelidikannya terhadap paket mencurigakan yang dilaporkan di Terminal 2, polisi Greater Manchester yakin bahwa tidak ada ancaman keamanan dan telah mencabut penjagaan yang ada,” ujar seorang juru bicara Bandara Manchester, seperti dikutip Guardian, Rabu 20 Oktober 2021.

    “Kami berterima kasih kepada penumpang atas kesabaran mereka,” imbuhnya.

    Polisi mengirim tim penjinak bom ke bandara sebagai bagian dari penyelidikan dan juru bicara mengatakan penyelidikan sedang berlangsung.

    “Pada pemeriksaan, paket itu dinilai dan dikonfirmasi sebagai perangkat yang tidak layak,” tegas Scott Green, Asisten Kepala Polisi di Greater Manchester Police (GMP).

    Dalam pernyataan sebelumnya, pihak bandara mengatakan polisi sedang "menilai laporan paket mencurigakan" di terminal dan semua penerbangan dialihkan ke Terminal 1.

    Dalam pernyataan sebelumnya, bandara mengatakan "evakuasi terkontrol" sedang berlangsung. Mereka menambahkan: "Kami berhubungan dekat dengan polisi Greater Manchester, yang mengelola respons, dan akan memberikan pembaruan tentang situasi sesegera mungkin."

    Bandara juga mengonfirmasi penerbangan yang akan beroperasi masuk dan keluar dari Terminal 2 kemungkinan akan dialihkan ke Terminal 1. Polisi memblokir semua pendekatan ke terminal sebagai bagian dari evakuasi.

    Seorang juru bicara polisi Greater Manchester mengatakan sebelumnya hari ini: “Polisi dipanggil dengan laporan paket mencurigakan di Terminal 2 bandara Manchester sekitar pukul 15.20 (Selasa waktu setempat)”.

    “Terminal telah dievakuasi sesuai prosedur standar dan penjagaan dipasang sebagai tindakan pencegahan keamanan saat penilaian dilakukan.”

    Seorang penumpang mengatakan kepada Manchester Evening News bahwa saudara perempuannya dan keluarganya dievakuasi dari bandara dan harus pindah ke ujung lain terminal.

    Dia menambahkan bahwa staf bandara "tenang" dan mengatakan keluarganya telah dipindahkan ke area gerbang, jauh dari toko-toko dan bebas bea.

    Terminal bandara lainnya terletak di sisi lain bandara dan terus beroperasi seperti biasa selama insiden tersebut.(FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id