10 Ribu Warga Spanyol Dievakuasi Usai Letusan Gunung Cumbre Vieja

    Marcheilla Ariesta - 20 September 2021 13:12 WIB
    10 Ribu Warga Spanyol Dievakuasi Usai Letusan Gunung Cumbre Vieja
    Aliran lahar panas dari gunung Cumbre Vieja di Spanyol. (AFP /Desiree Martin)



    Canary: Sekitar 10 ribu orang dievakuasi setelah sebuah gunung berapi mulai meletus di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol. Letusan terjadi pada Minggu, 19 September 2021 sore waktu setempat.

    Otoritas daerah mengkonfirmasi evakuasi dimulai setelah letusan, yakni pada pukul 15.12 waktu setempat. Letusan gunung berapi Cumbre Vieja terjadi setelah 20 ribu gempa bumi terasa di pulau tersebut.

     



    Gempa berkekuatan sekitar magnitudo 4,0 terasa saat letusan mulai terjadi. Dilansir dari CGTN, video dari televisi lokal menangkap adanya lava, asap, dan abu yang dikeluarkan dari lima celah di lereng bukit.

    "Tidak ada korban yang dilaporkan dari letusan gunung berapi ini. Namun, beberapa properti serta hutan dan padang rumput hancur akibat aliran lava yang bergerak menuju laut," kata CGTN, Senin, 20 September 2021.

    Baca:  Gunung Berapi Pulau di Atlantik Meletus Setelah 50 Tahun Tertidur

    Pada Minggu malam, pihak berwenang mulai mengevakuasi sekitar 5 ribu orang dari wilayah El Paso, Tazacorte, dan Los Llanos de Aridane. Mereka telah merencanakan evakuasi itu dalam kerangka Rencana Darurat Gunung Berapi Pulau Canary.

    Sekitar 40 orang dengan mobilitas terbatas sudah dievakuasi lebih dulu. Hewan ternak juga sudah dipindahkan dari daerah tersebut.

    Sementara itu, sekolah yang ada di sana ditutup. Aliran lahar juga mengakibatkan penutupan jalan dan lalu lintas.

    Warga diimbau untuk tetap berada dalam rumah, menutup pintu dan jendela. Mereka juga diminta berhati-hati mencuci buah dan sayuran agar tidak terkena abu vulkanik.

    Sebanyak 12 unit pemadam kebakaran Tenerife melakukan perjalanan dengan feri ke pulau untuk membantu. Pemerintah Kepulauan Canary juga telah meminta bantuan Unit Darurat Militer Spanyol (UME).

    Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, tiba di pulau itu sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Ia membatalkan perjalanan yang direncanakan ke Amerika Serikat untuk menghadiri Majelis Umum PBB.

    La Palma memiliki luas permukaan lebih dari 700 kilometer persegi dengan populasi hampir 85 ribu orang. Sudah tujuh letusan gunung berapi terjadi di wilayah tersebut.

    Sebanyak dua letusan terjadi masing-masing pada 1949 dan 1971. Letusan terakhir berlangsung 10 hari lamanya.

    Para ahli memperkirakan letusan baru akan berlanjut selama beberapa hari. Bahkan, kata mereka, bisa sampai beberapa pekan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id