comscore

Kolombia akan Berikan Status Perlindungan kepada Imigran Venezuela

Willy Haryono - 09 Februari 2021 10:20 WIB
Kolombia akan Berikan Status Perlindungan kepada Imigran Venezuela
Sekelompok imigran Venezuela mengantre bantuan makanan di Cucuta, Kolombia pada 2 Februari 2021. (Schneyder MENDOZA/AFP)
Bogota: Imigran Venezuela akan mendapat status perlindungan sementara di Kolombia. Keputusan yang diambil Presiden Kolombia Ivan Duque ini disebut sebagai sebuah langkah bersejarah.

Status perlindungan akan memberikan kesempatan kepada para imigran Venezuela untuk tinggal di Kolombia selama 10 tahun. Tidak hanya itu, mereka juga akan menerima akses layanan kesehatan dan kesempatan bekerja secara legal.
"Kami berharap negara-negara lain akan mengikuti langkah kami," ujar Duque dalam sebuah konferensi pers bersama Komisaris Tinggi Badan Pengungsian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Filippo Grandi.

"Kami menyerukan langkah ini kepada komunitas internasional," lanjutnya, dilansir dari laman Anadolu Agency pada Selasa, 9 Februari 2021.

Pengumuman disampaikan Duque usai bertemu Grandi, yang memuji langkah Kolombia dan menganggapnya sebagai sesuatu yang dapat "berkontribusi terhadap perekonomian negara."

"Inisiatif ini merupakan langkah kemanusiaan yang luar biasa. Langkah ini menunjukkan komitmen terhadap hak asasi manusia," tutur Grandi.

Baca:  14 Imigran Ditemukan Tewas di Lepas Pantai Venezuela

Kebijakan terbaru ini dapat memberikan keuntungan bagi 1 juta warga Venezuela yang tinggal tanpa status resmi di Kolombia. Status perlindungan akan diberikan kepada imigran Venezuela yang tiba di Kolombia sebelum Januari 2021.

Kolombia telah menerima lebih dari 1,7 juta warga Venezuela, sekitar sepertiga dari total 5 juta pengungsi yang melarikan diri dari negara tersebut. Jutaan warga Venezuela pergi dari negara mereka untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Sejauh ini, Kolombia adalah negara penampung terbesar imigran Venezuela.

Pandemi Covid-19 meningkatkan penderitaan imigran Venezuela di Kolombia. Banyak dari mereka kehilangan pekerjaan di tengah pandemi sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk makan dan minum.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id