Irlandia Kembali Terapkan Lockdown Selama Enam Pekan

    Willy Haryono - 20 Oktober 2020 17:30 WIB
    Irlandia Kembali Terapkan Lockdown Selama Enam Pekan
    Warga memakai masker saat beraktivitas di kota Dublin, Irlandia. (Paul Faith/AFP)
    Dublin: Irlandia akan menjadi negara pertama Uni Eropa yang kembali menerapkan kebijakan penguncian (lockdown) terkait penanganan pandemi virus korona (covid-19). Pengumuman disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin pada Senin, 19 Oktober.

    Lockdown terbaru di Irlandia untuk enam pekan ke depan akan mulai berlaku pada Rabu, 21 Oktober dini hari waktu setempat. Semua tempat usaha non-esensial harus ditutup, sementara restoran atau bar hanya boleh melayani pesan antar.

    "Semua orang di negara ini diminta untuk selalu berada di dalam rumah," kata PM Martin dalam sebuah pidato nasional di televisi, dilansir dari laman France 24 pada Selasa, 20 Oktober 2020.

    Ia menambahkan, hanya pekerja sektor usaha esensial yang "diizinkan untuk pergi bekerja." Sementara kelompok lainnya diminta untuk tetap berada di dalam rumah, dan jika harus berolahraga demi menjaga kebugaran, hanya boleh maksimal dalam radius 5 kilometer dari rumah.

    Pemerintah Irlandia menegaskan bahwa "akan ada hukuman" bagi warga yang ketahuan melanggar aturan lima kilometer tersebut. Untuk transportasi publik, operasionalnya akan tetap berjalan dengan kapasitas 25 persen dari biasa.

    PM Martin mengatakan, sekolah dan fasilitas perawatan anak akan tetap dibuka. "Kita tidak bisa dan tidak akan membiarkan nasib anak-anak menjadi korban dari penyakit ini," tegasnya.

    Larangan berkunjung bagi orang dari rumah tangga berbeda akan diperluas dalam lockdown kali ini. Kendati begitu, orang-orang dari dua rumah tangga berbeda masih dibolehkan berkumpul di ruang terbuka, seperti taman.

    Berbeda dari lockdown sebelumnya pada Maret lalu, olahraga level elite dan profesional di Irlandia akan diizinkan berlangsung di tanpa penonton. Sejauh ini, Irlandia mencatat total 1.852 kematian akibat covid-19.

    Baca:  Irlandia Catat Lonjakan Kasus dan Kematian akibat Covid-19

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id