comscore

NATO Yakin Ukraina Dapat Menang Perang Melawan Rusia

Willy Haryono - 16 Mei 2022 09:34 WIB
NATO Yakin Ukraina Dapat Menang Perang Melawan Rusia
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (AFP)
Berlin: Hampir tiga bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menilai operasi militer yang dijalankan Moskow di negara tetangganya itu tidak berjalan sesuai rencana. Pernyataan disampaikan Sekjen NATO Jens Stoltenberg dalam pertemuan jajaran petinggi aliansi tersebut di Berlin, Jerman.

"Ukraina dapat memenangkan perang ini," kata Stoltenberg, dikutip dari CBS News, Minggu, 15 Mei 2022. Ia berbicara melalui sambungan video karena baru sembuh dari Covid-19.
Kepada para diplomat anggota NATO, Stoltenberg menyerukan agar dukungan aliansi terhadap Ukraina harus terus dilanjutkan. Menurutnya, dukungan NATO merupakan salah satu faktor penting dalam memastikan kemenangan Ukraina melawan Rusia.

Di ranah diplomatik, Finlandia dan Swedia mengambil langkah 'historis' menuju keanggotaan NATO. Hari Minggu kemarin, Finlandia resmi mengumumkan rencana bergabung dengan NATO, dengan mengatakan bahwa pemicunya adalah invasi Rusia ke Ukraina.

Beberapa jam setelahnya, partai berkuasa di Swedia mendukung upaya pemerintah negara tersebut untuk bergabung dengan NATO. Finlandia dan Swedia berpotensi mengajukan proposal keanggotaan NATO dalam beberapa hari ke depan.

Jika Finlandia dan Swedia menjadi anggota NATO, maka hal tersebut dipastikan memicu kemarahan Presiden Rusia Vladimir Putin. Selama ini, Putin menyebut ekspansi NATO di Eropa Timur pasca-Perang Dingin sebagai ancaman bagi Rusia.

Baca:  Finlandia dan Swedia Ambil Langkah 'Historis' Menuju Keanggotaan NATO

NATO membantah tuduhan tersebut, dan mengatakan bahwa aliansinya hanya murni bersifat defensif.

Sementara di medan perang, Ukraina telah berhasil membendung serangan Rusia di wilayah timur. Menurut keterangan sejumlah pejabat Barat, operasi militer Rusia di Ukraina timur terus melambat secara signifikan setelah sebelumnya gagal merebut ibu kota Kiev.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id