KBRI Berlin Gelar Salat Iduladha Berjemaah

    Marcheilla Ariesta - 01 Agustus 2020 20:42 WIB
    KBRI Berlin Gelar Salat Iduladha Berjemaah
    Salat Iduladha berjemaah di KBRI Berlin sesuai protokol kesehatan. Foto: Dok. KBRI Berlin.
    Berlin: KBRI Berlin menggelar salat Iduladha bersama bagi masyarakat Indonesia yang ada di Berlin dan sekitarnya. Meskipun salat diadakan berjemaah, namun protokol kesehatan tetap dilakukan.

    Setiap jemaah diwajibkan untuk membawa sajadah masing-masing dan menggunakan masker. Selain itu, jarak antar jemaah juga diatur, dengan jarak 1,5 meter antara yang satu dan lainnya.

    Karena keterbatasan ruangan, penyelenggaraan salat Iduladha terpaksa dibagi di dua tempat, di KBRI Berlin dan di Mesjid Indonesia Al Falah/IWKZ. 

    Di KBRI, salat Iduladha yang dipimpin oleh Ustad Amru Rizal Razani, M.Sc mampu menampung sekitar 155 jemaah. Sementara di Mesjid Indonesia Al Falah/IWKZ yang dipimpin oleh Ustad Muahammad Ihsan Karimi, mampu menampung sekitar 70 orang.  

    Sebelumnya, para jemaah juga diwajibkan untuk melakukan pendaftaran secara daring. Hal ini untuk memantau bahwa jemaah yang akan mengikuti shalat Idul Adha masih dalam batas kuota yang ditetapkan di masing-masing tempat. 

    Tak kurang dalam waktu dua jam, pembukaan registrasi online yang dimulai sejak Rabu, 29 Juli lalu, langsung habis terisi. 

    Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno menyebutkan, situasi pandemi covid-19 di Jerman yang kian membaik, memungkinkan KBRI Berlin untuk menyelenggarakan salat Iduladha, meskipun jumlahnya tidak sebanyak tahun sebelumnya.

    "Idulfitri tahun ini, kita tidak menyelenggarakan salat di KBRI karena memang situasinya yang belum memungkinkan. Sebagai gantinya, waktu itu kita bagikan sembako dan santapan lebaran kepada pelajar yang ada di sini. Namun, Alhamdulillah, pada Iduladha ini situasinya membaik," ucap Dubes Havas dalam pernyataan KBRI Berlin, Sabtu, 1 Agustus 2020.

    "Dan sesuai standar protokol kesehatan kita bisa menyelenggarakan salat Iduladha di KBRI. Kita juga bagikan makanan khas Iduladha kepada jemaah yang hadir, baik di KBRI maupun di Masjid Indonesia," imbuhnya.

    Lebih lanjut, Dubes Havas menyebutkan bahwa jumlah kasus covid-19 di Jerman saat ini mencapai 209.980 kasus, dengan jumlah kasus yang sembuh sekitar 91,44 persen. Pemerintah, kata dia, terus memantau perkembangan kasus dari waktu ke waktu di setiap negara bagian.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id