Warga Chile Sepakat Ubah Konstitusi Negara

    Willy Haryono - 26 Oktober 2020 16:02 WIB
    Warga Chile Sepakat Ubah Konstitusi Negara
    Warga Santiago menggunakan hak suara mereka dalam referendum konstitusi Chile pada Minggu, 25 Oktober 2020. (Martin Bernetti/AFP/Getty)
    Santiago: Mayoritas warga Chile sepakat mengubah konstitusi negara lewat referendum pada Minggu, 25 Oktober. Dengan hampir semua suara dihitung, sekitar 78 persen dari 7,4 juta suara sepakat membentuk konstitusi baru, dan hanya 22 persen yang menolak.

    Badan Elektoral Chile mengatakan, sekitar 79 persen warga mendukung agar konstitusi baru disusun oleh 155 warga terpilih, bukan oleh anggota kongres.

    Dalam sebuah pidato kenegaraan, Presiden Chile Sebastian Pinera mengakui kemenangan kubu yang menginginkan konstitusi baru. Namun ia mengingatkan bahwa kemenangan dalam pemilu ini adalah awal dari proses panjang.

    "Ini adalah awal dari jalan baru, yang akan kita lalui bersama untuk menyepakati konstitusi baru bagi Chile," kata Pinera, dikutip dari laman TNVZ pada Senin, 26 Oktober 2020.

    Secara pribadi, Pinera menentang perubahan konstitusi Chile. Namun ia mengakui bahwa kemungkinan sebagian besar warga Chile menginginkan perubahan.

    Konvensi khusus akan dimulai untuk menyusun konstitusi baru negara. Nantinya, kerangka konstitusi itu akan dikembalikan kepada warga melalui referendum pada pertengahan 2022.

    Saat Pinera berpidato, ribuan orang merayakan kemenangan kubu perubahan di lapangan pusat ibu kota. Beberapa acara serupa juga berlangsung di pinggiran ibu kota Santiago.

    Beberapa hari lalu, aksi unjuk rasa di Chile berujung pada aksi perusakan gereja. Kala itu, pedemo memperingati satu tahun demonstrasi yang menuntut perbaikan layanan kesehatan, sistem pendidikan, dan pensiun di Chile.

    Aksi protes tersebut pertama kali terjadi pada 18 Oktober 2019, dan terus berlangsung hingga Desember. Pengunjuk rasa yang mayoritasnya adalah mahasiswa, memprotes kenaikan harga tiket kereta metro dan biaya hidup. Mereka juga menyoroti ketimpangan sosial di Chile.

    Baca:  Puluhan Orang Terancam Buta Akibat Bentrokan di Chile

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id