Jaksa AS Tolak Permintaan Kubu Trump di Pennsylvania

    Willy Haryono - 22 November 2020 10:02 WIB
    Jaksa AS Tolak Permintaan Kubu Trump di Pennsylvania
    Presiden AS Donald Trump mengunjungi Arlington pada 3 November 2020. (AFP)
    Pennsylvania: Otoritas Pennsylvania dapat mensertifikasi hasil penghitungan suara yang saat ini memproyeksikan Joe Biden dari Partai Demokrat sebagai pemenang. Biden diproyeksikan unggul lebih dari 80 ribu suara atas petanana Donald Trump di negara bagian tersebut.

    Dikutip dari laman TOI pada Minggu, 22 November 2020, proses sertifikasi akan dilanjutkan usai Matthew Brann, seorang hakim federal AS, menolak permintaan Trump yang ingin menghentikan sertifikasi penghitungan suara di Pennsylvania.

    Penolakan ini semakin memupuskan upaya Trump dalam membalikkan kekalahannya, meski sejumlah pihak menilai usaha tersebut sejak awal memang tidak akan pernah bisa berhasil.

    Trump berpendapat bahwa Konstitusi AS yang menjamin perlindungan setara telah dilanggar saat beberapa wilayah di Pennsylvania mengambil pendekatan berbeda dalam menginformasikan pemilih mengenai isu-isu teknis, termasuk mengirim surat suara melalui pos.

    Sekretaris Negara Bagian Pennsylvania Kathy Boockvar dan tujuh wilayah mayoritas pendukung Biden yang digugat Partai Republik berpendapat bahwa Trump sudah pernah melayangkan tuduhan semacam itu di negara bagian lain dan pada akhirnya berujung gagal.

    Baca:  Tim Kampanye Trump Cabut Gugatan di Pennsylvania

    Boockvar dan pejabat dari tujuh wilayah di Pennsylvania mengatakan kepada Brann bahwa kubu Trump berusaha menjadikan jutaan suara berstatus tidak sah dengan menggunakan beberapa isu terisolasi yang tidak terlalu signifikan.

    "Tidak ada pembenaran apapun atas upaya radikal yang mereka (kubu Trump) ingin capai," sebut pengacara Boockvar dalam sebuah pernyataan tertulis yang dikirim ke Brann pada Kamis kemarin.

    Semua wilayah di Pennsylvania akan menyerahkan hasil penghitungan suara mereka kepada Boockvar pada Senin besok. Setelah itu, ia akan membuat sertifikasi penghitungan total suara.

    Media-media besar AS telah memproyeksikan Biden sebagai pemenang. Namun hingga saat ini Trump belum bersedia mengakui kekalahannya secara terbuka.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id