Alpen Jerman Terapkan Lockdown

    Willy Haryono - 21 Oktober 2020 07:26 WIB
    Alpen Jerman Terapkan Lockdown
    Selebaran berisi imbauan social distancing dipasang di salah satu wilayah di Jerman. (AFP)
    Alpen: Kawasan pegunungan Alpen di Jerman menerapkan penguncian (lockdown) terkait pandemi virus korona (covid-19). Alpen menjadi bagian pertama dari Jerman yang menerapkan lockdown sejak infeksi covid-19 memuncak tahun ini.

    Selama dua pekan ke depan, 105 ribu orang di Berchtesgadener Land yang berbatasan dengan Austria hanya boleh keluar rumah untuk urusan penting.

    Seperti banyak wilayah di Eropa, Jerman juga menghadapi lonjakan kasus covid-19. Namun situasi di Jerman tidak separah beberapa negara besar lainnya di Eropa.

    Menurut data Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa, seperti dikutip dari laman BBC pada Rabu, 21 Oktober 2020, Jerman mencatat 84 kasus covid-19 per 100 ribu orang dalam 14 hari terakhir. Sementara Italia angkanya 159, Inggris 339, Prancis 427, dan 343 untuk Spanyol.

    Namun rata-rata infeksi lokal di Berchtesgadener Land, bagian dari Bavaria di pegunungan Alpen, mencapai 273 per 100 ribu orang dalam sepekan terakhir. Itulah mengapa lockdown terbaru -- disebut circuit breaker -- diterapkan.

    Sekolah, restoran, bar, teater, pusat kebugaran, bioskop, dan hotel di Alpen Jerman akan ditutup selama dua pekan. Namun layanan gereja masih akan diizinkan beroperasi. Semua turis di Berchtesgadener sudah diminta untuk pergi.

    Jumat kemarin, Kanselir Jerman Angela Merkel meminta semua warga untuk mengurangi kontak sosial untuk menekan rata-rata transmisi covid-19.

    "Tolong jangan bepergian atau menggelar pesta jika memang tidak terlalu penting. Sebisa mungkin tetap berada di rumah," seru Merkel.

    Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Rabu ini telah melampaui 380 ribu dengan 9.856 kematian dan 298.756 pasien sembuh.

    Baca:  Warga Jerman Diminta Tetap Berada di Rumah Selama Mungkin

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id