Merkel Tegaskan Akses Vaksin Harus Adil untuk Atasi Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 12 April 2021 20:43 WIB
    Merkel Tegaskan Akses Vaksin Harus Adil untuk Atasi Covid-19
    Kanselir Angela Merkel saat membuka pameran Hannover Messe. Foto: Medcom.id/Marcheilla.



    Berlin: Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan bahwa vaksin dapat menjadi senjata paling kuat melawan virus korona (covid-19). Karenanya ia menegaskan akses vaksin yang adil dan setara sangat diperlukan untuk mengubah situasi yang mengguncang dunia ini.

    "Akses ke negara miskin harus terbuka. Karenanya, sangat berarti dapat mengirimkan dan menerima barang, terutama vaksin dan perdagangan untuk saat ini," kata dia dalam pembukaan pameran Hannover en Messe, Senin, 12 April 2021.






    Merkel menuturkan akses vaksin yang setara sangat baik untuk mencegah krisis kesehatan saat ini. Ia menegaskan rantai pasok jangan sampai terputus dan untuk mewujudkannya, diperlukan kerja sama global.

    "Jika rantai pasok terputus, maka kita alami gangguan berat. Dan itu pernah kami (Jerman) alami, saat awal pandemi dengan kekurangan masker medis," terangnya.

    Karena hal tersebut, Jerman harus melakukan upaya lain, yakni diversifikasi perdagangan, digitalisasi, menguatkan ketidaktergantungan dan kedaulatan. Meski demikian, kata Merkel, hal ini tidak serta merta Negeri Bavaria ingin membatasi kerja sama.

    "Kami malah ingin menjadi mitra andal untuk hubungan dan kerja sama global. Tapi kami harus kuatkan ekonomi dan industri dimulai dengan di negara kami sendiri," ungkapnya.

    Ia menegaskan, negaranya berhasil mengoperasikan pabrik vaksin covid-19 BioNTech. Dalam waktu dekat akan mulai juga produksi vaksin Johnson & Johnson.

    Langkah ini menjadi keberhasilan negara itu untuk menjamin akses vaksin sebanyak mungkin di dalam negeri dan membantu yang lainnya. Namun, kata Merkel, yang harus diperhatikan saat ini adalah memperhatikan bahan mentah dan kritis karena mereka sedang berupaya tidak bergantung dengan negara lain.

    Pameran Hannover yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri Presiden Joko Widodo. Merkel berharap pandemi segera selesai agar pameran ini bisa dilakukan secara langsung di tahun mendatang.

    Vaksin untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.

    Baca juga: Malam ini, Presiden RI dan Kanselir Jerman akan Resmikan Hannover Messe 2021

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id