Pilpres Polandia Berlanjut ke Putaran Kedua

    Willy Haryono - 29 Juni 2020 07:49 WIB
    Pilpres Polandia Berlanjut ke Putaran Kedua
    Presiden Polandia Andrzej Duda (kanan) dan Rafal Trzaskowski. (Foto: Wojtek RADWANSKI/JANEK SKARZYNSKI/AFP)
    Warsawa: Pemilihan umum presiden Polandia berlanjut ke putaran kedua usai tidak ada satu pun kandidat yang meraih suara mayoritas pada Minggu 28 Juni 2020. Berdasarkan hasil exit poll, dua kandidat teratas adalah petahana Andrzej Duda dengan 42 persen suara, dan Wali Kota Warsawa Rafal Trzaskowski sebesar 30 persen.

    Sementara tokoh pertelevisian Szymon Holownia hanya berhasil meraup 13 persen suara.

    Dilansir dari Voice of America, Sejumlah pengamat pilpres menilai hasil exit poll tidak akan jauh berbeda dengan penghitungan resmi. Ini artinya, Duda dan Trzaskowski akan melaju ke putaran kedua pada 12 Juli mendatang.

    Partai Hukum dan Keadilan milik Duda berharap dapat memperbesar mayoritasnya di parlemen Polandia. Jika itu terwujud, Duda ingin menerapkan berbagai kebijakan konservatif seputar isu sosial, yudisial, dan keimigrasian -- sikap yang ditentang banyak negara Uni Eropa karena dinilai anti-demokrasi.

    Kebijakan yang ingin diterapkan Duda di antaranya adalah melarang kelompok homoseksual untuk belajar di sekolah. Ia pernah menyebut homoseksual jauh lebih buruk dari komunisme.

    Trzaskowski dari partai Civic Platform berjanji akan tetap menjaga program kesejahteraan rakyat yang diterapkan pemerintahan saat ini. Namun ia berjanji akan memblokade legislasi apapun yang dinilai tidak konstitusional.

    Selain itu, Trzaskowski juga berjanji akan memulihkan hubungan baik Polandia dengan UE.

    Pandemi virus korona (covid-19) telah menunda jalannya pilpres Polandia selama hampir dua bulan. Sejumlah pengamat menilai penundaan ini mengikis popularitas Duda yang sempat dinilai akan menang mudah dalam pilpres putaran pertama.

    Pilpres di Polandia dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti kewajiban mengenakan masker dan membawa pulpen sendiri untuk meminimalisasi penyebaran covid-19.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id