Gempa Guncang Kroasia di Tengah Lockdown Parsial

    Arpan Rahman - 23 Maret 2020 14:02 WIB
    Gempa Guncang Kroasia di Tengah <i>Lockdown</i> Parsial
    Sebuah mobil rusak tertimpa reruntuhan bangunan usai gempa mengguncang Zagreb, Kroasia, Minggu 22 Maret 2020. (Foto: AFP)
    Zagreb: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Kroasia saat negara tersebut tengah memberlakukan penutupan menyeluruh atau lockdown terkait pandemi penyakit virus korona (covid-19). Guncangan kuat ini -- terbesar di Zagreb dalam 140 tahun terakhir -- melukai sedikitnya 17 orang dan merusak sejumlah bangunan.

    Aliran listrik di ibu kota Kroasia terputus usai gempa. Warga beramai-ramai berlari dari rumah masing-masing, sementara jalanan dipenuhi puing dari sejumlah atap bangunan yang roboh, termasuk salah satu menara sebuah gereja.

    Guncangan yang terjadi secara tiba-tiba ini membuat masyarakat Kroasia mengabaikan imbauan pemerintah untuk menjauhi ruang-ruang publik selama pandemi covid-19.

    "Ada aturan tertentu saat terjadi gempa. Tapi saat gempa terjadi di waktu bersamaan dengan pandemi (covid-19), maka situasinya menjadi lebih kompleks," kata Menteri Dalam Negeri Kroasia Davor Bozinovic, dikutip dari The Independent, Senin 23 Maret 2020.

    Meski terjadi gempa, otoritas kesehatan Kroasia tetap mengimbau warga untuk menjaga jarak sosial sejauh dua meter dan juga menghindari perkumpulan massa. "Gempa bumi memang berbahaya, tapi virus korona lebih berbahaya," ucap Menteri Kesehatan Kroasia Vili Beros.

    Sejauh ini, terdapat 235 kasus terkonfirmasi covid-19 di Kroasia. Perdana Menteri Andrej Plenkovic mengimbau warga untuk tetap tenang dalam menghadapi gempa bumi dan juga pandemi covid-19.

    "Negara kita dilanda dua krisis paralel yang bersifat kontradiktif," tutur PM Plenkovic dalam sebuah rapat darurat. "Jalanan akan dibersihkan (dari puing) secepat mungkin. Tetap diam di rumah dan jaga jarak," tegasnya.

    Menurut agensi seismologi Eropa (EMSC), pusat gempa di Kroasia berlokasi 6,4 kilometer dari Zagreb dengan kedalaman 9,6 km.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id