comscore

Menikmati Idulfitri yang Berbeda di Swedia

Medcom - 08 Mei 2022 06:52 WIB
Menikmati Idulfitri yang Berbeda di Swedia
Salat Idutfitri di Masjid Raya Stockhol, Swedia. Foto: Tutut Handayani
Stockhom: Antusiasisme umat Muslim dan Muslimah Stockholm, Swedia untuk melaksanakan ibadah salat Idulfitri 1443 H di tahun 2022 ini sangat tinggi. Ibadah dilaksanakan di Masjid Raya Stockholm.

Pertama kalinya, Masjid Raya Stockholm kembali menyelenggarakan aktivitas Salat Idulfitri tanpa disertai berbagai persyaratan yang terkait dengan pembatasan sosial dan fisik dalam upaya meminimalisir penyebaran covid-19.
Saya bisa mengerti mengapa minat salat di masjid terbesar di Stockholm itu besar sekali, terutama setelah Badan Kesehatan Masyarakat Swedia (Folkhälsomyndigheten) menghapus seluruh pembatasan yang terkait dengan menekan penyebaran covid-19. Bahkan, covid-19 juga sudah dianggap sebagai penyakit yang tidak membahayakan publik oleh Pemerintah Swedia.

Ketetapan Pemerintah Swedia itu menjadi momen penting dalam kehidupan sosial masyarakat, termasuk aktivitas ibadah keagamaan. Berkumpul dan bercengkrama tanpa dirundung rasa was-was seperti sebelum pandemi menjadi hal yang ditunggu oleh siapapun.

Semasa pandemi 2020 dan 2021, Masjid Raya Stockholm meniadakan ibadah Salat Idulfitri karena mengikuti ketentuan Pemerintah Swedia. Bahkan, seluruh aktivitas ibadah di masjid ditiadakan.

Namun, pada Juni 2021, ketika peraturan pembatasan lebih lunak, Masjid Raya Stockholm menyelenggarakan ibadah Salat Iduladha yang diiringi berbagai persyaratan ketat yang harus dipatuhi oleh jamaah yang ingin shalat di sana. Seperti membawa sajadah sendiri, salat berjarak, berwudhu di rumah dan jika ada symtom harus tinggal di rumah.

Dan...

Idulfitri 2022 ini sangat berbeda. Para umat muslim dan muslimah Stockholm dapat beribadah di Masjid Raya Stockholm kembali seperti saat sebelum pandemi. Suasana ibadah seperti kembali normal. Pengunjung membludak dan ruang ibadah untuk pria dan wanita penuh.

Menikmati Idulfitri yang Berbeda di Swedia
Keramaian di sekitar Masjid Raya Stockholm. Foto: Tutut Handayani.

Oleh karena itu, Masjid Raya Stockholm selalu membagi tiga waktu shalat, yakni jam 07.00, 08.00 dan 09.00 karena terkait dengan kapasitas maksimum daya tampung masjid. Di Swedia sangat ketat tentang aturan daya tampung sebuah gedung demi keamanan dan kenyamanan pengunjung gedung tersebut.

Saya memiliki tradisi untuk melaksanakan Salat Idulfitri di masjid Raya Stockholm sejak kepindahan saya ke Swedia 2011. Dan, pilihan saya selalu pada jam 07.00 karena umumnya tidak terlalu penuh. Tetapi, sangat berbeda dengan lebaran kali ini.

Ruang ibadah wanitanya penuh dengan jamaah. Makin terasa penuh ketika saat bubaran salat dan jalan menuju ke pintu keluar di lantai bawah. Bagian wanita terletak di lantai atas masjid.

Saya sempat mengintip dari teralis kayu untuk melihat bagian pria di lantai bawah. Ruangan pria pun penuh. Terdengar suara khas pria yang berat menggema keras saat mengalunkan kata Allahu Akbar saat melakukan takbir pada rakaat pertama dan kedua dan kata Aamiin usai Al Fatihah.

Suasana penuh dan berdesakan itu semakin terasa ketika berjalan menuju lantai bawah dan terowongan menuju pintu keluar masjid. Tubuh mungil saya seperti tenggelam mengingat sebelah kiri-kanan depan belakang saya itu umat muslim dan muslimah dari berbagai negara dan suku bangsa saat berjalan keluar itu.

Ketika sampai di bagian luar, antrian untuk melakukan shalat pada jam berikutnya panjang sekali, terutama barisan jamaah pria.

Di pelataran masjid, para jamaah tidak sungkan saling peluk dan bercengkrama tanpa jarak dan masker sambil mengucapkan Eid Mubarak.

Life seems back to normal. Semoga semuanya segera membaik total.

Selamat Idulfitri, merayakan hari Kemenangan setelah beribadah puasa Ramadan sebulan lamanya. Mohon maaf lahir dan batin.




Penulis adalah warga negara Indonesia yang saat ini berdomisili di Swedia, Tutut Handayani.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id