comscore

Akhirnya, Senator AS Usulkan Langkah Atasi Kekerasan Senjata

Marcheilla Ariesta - 13 Juni 2022 11:38 WIB
Akhirnya, Senator AS Usulkan Langkah Atasi Kekerasan Senjata
Senator AS, Chuck Schumer nyatakan dukungan untuk bipartisan terkait kekerasan senjata./AFP
Washington: Sekelompok bipartisan senator Amerika Serikat (AS) mengusulkan langkah-langkah untuk mengekang kekerasan senjata, menyusul penembakan massal di Texas dan New York. Namun, langkah-langkah tersebut masih kurang dari seruan Presiden Joe Biden untuk perubahan.

Anggota parlemen dari Partai Republik, yang telah berulang kali memblokir tindakan yang lebih keras, masih menolak perubahan besar pada peraturan senjata. Mereka menunjuk masalah kesehatan mental sebagai akar masalahnya.
Tetapi kerangka kerja baru tersebut terutama mendapat dukungan dari setidaknya 10 anggota Partai Republik, yang berarti ia memiliki peluang kuat untuk mendapatkan mayoritas super dari 60 suara yang dibutuhkan untuk maju di Senat AS yang memiliki 100 kursi.

Reformasi tersebut termasuk pemeriksaan latar belakang yang lebih ketat untuk pembeli senjata di bawah 21 tahun, meningkatkan sumber daya bagi negara bagian untuk menjaga senjata dari tangan orang yang dianggap berisiko, dan menambahkan hukuman kekerasan dalam rumah tangga dan perintah penahanan ke database pemeriksaan latar belakang nasional.

"Hari ini, kami mengumumkan proposal bipartisan yang masuk akal untuk melindungi anak-anak Amerika, menjaga keamanan sekolah kami, dan mengurangi ancaman kekerasan di seluruh negara kami," kata kelompok beranggotakan 20 anggota parlemen itu dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP, Senin, 13 Juni 2022.

"Rencana kami meningkatkan sumber daya kesehatan mental yang dibutuhkan, meningkatkan keamanan sekolah dan dukungan bagi siswa, dan membantu memastikan penjahat berbahaya dan mereka yang dinyatakan sakit jiwa tidak dapat membeli senjata," imbuhnya.

Presiden Joe Biden memuji proposal dan mendesak anggota parlemen untuk segera mengubahnya menjadi undang-undang, sambil mengatakan langkah-langkah itu tidak cukup jauh.

Baca juga: Puluhan Ribu Orang Berdemo Menentang Kekerasan Senjata Api di Seantero AS

"Jelas, itu tidak melakukan semua yang saya pikir diperlukan, tetapi itu mencerminkan langkah-langkah penting ke arah yang benar, dan akan menjadi undang-undang keamanan senjata paling signifikan untuk disahkan Kongres dalam beberapa dekade," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Dengan dukungan bipartisan, tidak ada alasan untuk penundaan, dan tidak ada alasan mengapa itu tidak segera bergerak melalui Senat dan DPR," sambung dia.

Baik Chuck Schumer dan Mitch McConnell - Demokrat dan Republik teratas di Senat - menyatakan dukungan untuk upaya bipartisan, menandakan bahwa undang-undang berdasarkan proposal dapat berhasil melalui majelis tinggi.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id