Populer Internasional: Nasib PM Israel Hingga Penembakan di Kanada

    Fajar Nugraha - 31 Mei 2021 10:42 WIB
    Populer Internasional: Nasib PM Israel Hingga Penembakan di Kanada
    Kekuasaan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berada di ujung tanduk. Foto: AFP



    Paris: Prancis merasa tidak puas dengan kondisi yang terjadi di Mali saat ini. Presiden Prancis Emmanuel Macron pun mengancam akan menarik semua pasukannya dari Mali.

    Isu tersebut menjadi berita terpopuler internasional Medcom, yang diikuti berita panas lainnya. Salah satunya adalah oposisi Israel yang siap untuk menyepakatai penggulingan kekuasaan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

     



    Selain itu, kabar lain yang menjadi terpopuler termasuk satu orang tewas dan empat lainnya terluka dalam penembakan di Toronto, Kanada. Kabar-kabar tersebut menjadi berita terpopuler Internasional Medcom, berikut selengkapnya:


    1. Kecam Kudeta Mali, Macron Ancam Tarik Pasukan Prancis

    Presiden Emmanuel Macron mengancam akan menarik semua pasukan Prancis dari Mali jika negara tersebut terus melangkah "ke arah" radikal. Pernyataan disampaikan usai Mali mengalami kudeta militer kedua dalam kurun waktu sembilan bulan.
     
    Prancis memiliki sekitar 5.100 personel militer di wilayah Sahel, yang tersebar di Chad, Burkina Faso, Mali, Mauritania, dan Niger. Pengerahan pasukan ini merupakan bagian dari Operasi Barkhane dalam melawan grup teroris dan ekstremis.
     
    Merespons kudeta terbaru, Pemerintah Prancis menegaskan bahwa penahanan presiden Bah Ndaw dan Perdana Menteri Moctar Ouane atas perintah wakil presiden Assimi Goita merupakan sesuatu yang tidak dapat diterima.

    Apa tindakan Prancis atas situasi di Mali? Simak di tautan ini.


    2. Parlemen Oposisi Israel Menuju Kesepakatan Menggulingkan Netanyahu

    Pemimpin oposisi Israel, Yair Lapid, dilaporkan telah membuat tawaran pembagian kekuasaan kepada musuh politik pemimpin Yamina, Naftali Bennett, di mana mereka akan berbagi jabatan perdana menteri (PM).
     
    Mereka bakal menjalani dua tahun masing-masing dari masa jabatan empat tahun, The Jerusalem Post melaporkan mengutip sumber yang berbicara ke Bennet.
     
    Bennett akan bertugas hingga September 2023, setelah itu Lapid akan mengambil alih hingga masa jabatan berakhir pada November 2025.

    Bennett dilaporkan memberi tahu Lapid tentang keputusannya pada Jumat, 28 Mei 2021. Hal tersebut dilakukan untuk membangun pemerintahan koalisi pada batas waktu Rabu, 26 Mei 2021, setelah PM Benjamin Netanyahu gagal melakukannya.

    Bagaimana nasib pemerintahan Perdana Menteri Netanyahu nantinya? Simak di sini.

    3. 1 Tewas 4 Terluka dalam Penembakan di Toronto

    Satu orang tewas dan empat lainnya terluka dalam penembakan di Mississauga, Toronto, Kanada pada Sabtu malam kemarin. Penembakan terjadi di sebuah plaza di wilayah antara Glen Erin Drive dan The Collegeway sekitar pukul 19.00 waktu setempat.
     
    Danny Marttini dari Kepolisian Peel mengatakan bahwa petugas menemukan lima korban penembakan begitu tiba di lokasi. Satu korban tidak berhasil diselamatkan dan dinyatakan meninggal di tempat kejadian perkara.
     
    Empat korban lainnya mengalami luka ringan hingga sedang, dan saat ini sedang dirawat di sebuah rumah sakit. Biro pembunuhan dari Kepolisian Peel mengambil alih investigasi kasus penembakan ini.

    Apa motif di balik penembakan tersebut? Selanjutnya di sini.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id