Aktivis Kibarkan Bendera Tibet dalam Upacara Olimpiade 2022 di Yunani

    Medcom - 19 Oktober 2021 15:15 WIB
    Aktivis Kibarkan Bendera Tibet dalam Upacara Olimpiade 2022 di Yunani
    Petugas berusaha menghentikan aktivis yang hendak mengibarkan bendera Tibet dan spanduk di upacara penyalaan api Olimpiade Beijing 2022 di Yunani, Senin, 18 Oktober 2021. (ARIS MESSINIS/AFP)



    Athena: Sekelompok aktivis membentangkan bendera Tibet dan spanduk bertuliskan “tidak (boleh) ada genosida" dalam upacara penyalaan api untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Yunani pada Senin kemarin.

    Dilansir dari RFI, Selasa, 19 Oktober 2021, upacara penyalaan api yang dihadiri presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach ini membuat petugas keamanan memaksa para demonstran untuk menurunkan bendera Tibet dan spanduk. Para aktivis ditangkap setelahnya.

     



    Para demonstran disebut berdiri di reruntuhan situs Olimpiade Kuno. Insiden ini terjadi sehari setelah aktivis Tibet menggelar demonstrasi di Athena dalam menyerukan boikot Olimpiade tahun depan.

    Aksi protes itu pernah terjadi saat Olimpiade pertama di Tiongkok di tahun 2008. Tibet diketahui telah berganti status antara kemerdekaan dan kontrol oleh Tiongkok selama berabad-abad.

    Pada 1951, Tiongkok mengatakan telah "membebaskan secara damai" Tibet dan membangun infrastruktur serta pendidikan ke sana. Namun, banyak orang Tibet di pengasingan menuduh Pemerintah Tiongkok telah melakukan penindasan agama dan mengikis budaya mereka.

    Etnis Tibet diperkirakan berjumlah sekitar 6,5 juta orang. Mereka menjadi kelompok minoritas dan umumnya tinggal di luar Daerah Otonomi Tibet di Tiongkok, India, Nepal, dan Bhutan. Wilayah mereka disebut berada di sisi utara Himalaya yang merupakan wilayah otonomi Tiongkok.

    Baca:  Presiden Tiongkok Kunjungi Tibet untuk Pertama Kalinya dalam Satu Dekade

    "Dalam masa-masa sulit yang masih kita lalui, Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan menjadi momen penting untuk menyatukan dunia dalam semangat perdamaian, persahabatan, dan solidaritas," kata Bach dalam pidatonya sebelum para demonstran mengibarkan bendera Tibet.

    Akibat pembatasan covid-19, upacara ini diadakan di depan audiensi yang terbatas, yaitu anggota Komite Olimpiade Internasional, Komite Olimpiade Yunani dan Tiongkok, Presiden Yunani, Katerina Sakellaropoulou dan para anggota media yang di vaksinasi.

    Sedangkan penyalaan api obor tidak dilaksanakan di tanah Yunani karena dinilai bertentangan dengan tradisi. Alih-alih, api obor akan dibawa ke Stadion Panathenaic di Athena, Yunani, yang pernah digunakan dalam Olimpiade 1896 dan 2004.

    Penyerahan delegasi dari Beijing 2022 untuk diterbangkan ke Tiongkok akan dilaksanakan hari Selasa ini. (Nadia Ayu Soraya)

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id